Festival Cabai Tangerang, Kontes Nguleg Disambut Antusias Warga.

0


Cipasera -  Di kawasan Roemboer Tangga Ronggeng, Kota Tangerang  digelar acara unik  Chili Festival atau festival Cabai,Sabtu - Minggu, 15 - 16 Juni 2019

Acara yang bekerjasama dengan Kementan ini  berlangsung mulai pukul 10.00 sampai 20.00 disambut antusias warga. Ratusan orang datang untuk menonton.

Berbagai jenis  cabai dipamerkan di atas meja beralas kain batik. Ada 125 jenis cabai yang dipamerkan, bentuknya pun macam-macam. Ada cabai yang ukurannya paling besar, yakni cabai Giant Aconcagua dengan panjang 25 sentimeter dan lebar 7 sentimeter.

Jenis cabai lain yang juga berukuran besar adalah Italian Sweet Pepper. Panjang cabai ini 20 sentimeter dan lebar 5 sentimeter.

Menurut  Ketua Panitia Chili Festival, Hendra Ang, festival yang digelarnya bertujuan menciptakan hiburan rakyat. "Siapa saja boleh datang," kata Hendra, Sabtu, 15/6

Hendra menambahkan, dirinya memilih cabai sabagai daya tarik festival karena hasil bumi ini memiliki makna bagi warga peranakan Tionghoa. Katanya, cabai mewakili sikap jujur karena rasanya yang pedas seketika setelah dimakan. Tak ada orang yang makan cabai, baru terasa pedasnya keesokan harinya.

Ternyata, kata Hendra, rasa pedas cabai tidak bisa dinilai dari warna, ukuran, atau bentuknya.

Festival bukan hanya hanya memamerkan cabai berukuran jumbo, Festival Cabai juga memajang banyak pot dengan berbagai jenis tanaman cabai.

Yang menarik saat  acara lomba mengulek cabai. Siapa saja boleh ikut. Maka sejumlah warga pun ikutan kontes. Suasana jadi seru. (Red/ts/tmp)