Operasi Patuh Akan Digelar 29 Agustus Multi Sasaran

0

Suasana Operasi Patuh beberapa tahun lalu (foto: ist)

Cipasera - Pengemudi mobil dan sepeda motor di jalan raya harap siap -siap SIM dan surat -surat lain, juga kelengkapan kendaraan lainnya. Apa pasal? Sebab petugas dari satuan Korps Lalu Lintas Polri, akan menggelar operasi patuh diseluruh Indonesia. Operasi serentak  ini, akan berlangsung mulai 29 Agustus sampai 11 September

Kepala Korps Lalu Lintas POLRI, Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri mengatakan, operasi patuh  dilakukan untuk  menciptakan  keselamatan,  ketertiban, meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan keamanan.

"Ini akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia. Kami melakukannya secara proaktif dan menggunakan pendekatan preventif dalam pelaksanaan operasi ini,” kata Refdi seperti dikutip VIVA.co.id,

Refdi lebih jauh  memerinci sasaran  operasi, aparat  akan menjaring pengendara sepeda motor tanpa pakai helm, pengemudi di bawah umur,  yang tidak memakai sabuk keselamatan di mobil, melawan arus dan pengendara kebut-kebutan.

Tak cuma itu,  berkendara melawan arus, suka kebut-kebutan, main ponsel saat berkendara, mengemudi dalam keadaan mabuk, serta kendaraan-kendaraan yang masih nekat menggunakan lampu strobo dan sirine juga menjadi target operasi patuh itu.

Catatan cipasera.com, operasi Patuh sudah sering dilakukan oleh Polri. Tahun 2016 pernah dilangsungkan.Dampaknya,  disiplin ketertiban pengendara dalam berlalin terjaga dalam rentang waktu tertentu.(Red/vv)