Ratusan TNI dan Penyelam Banten Kibarkan Bendera Di Laut

0

Bendera diarak di laut sebelum pengibaran (foto: detik)
Cipasera - Bendera Merah Putih berukuran raksasa dibentang untuk dikibarkan oleh ratusan penyelam di dasar laut dekat Pulau Sangiang, Banten untuk memperingati HUT RI ke 74 Sabtu (17/9/2019).

Acara  yang dihelat oleh TNI AL Banten dan Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cilegon ini melibatkan berbagai elemen, yakni Grup 1 Kopassus Serang, Ditpolairuda Polda Banten, Basarnas Banten, Polres Cilegon, Kodim 0623 Cilegon, Komunitas Diver Banten dan elemen lainnya. Ratusan penyelam snorkeling juga diikutkan

Dalam upacara ini, penyelam berbaris di dasar laut dengan membentuk formasi tepat di hadapan tiang bendera. Upacara ini dipimpin oleh Komandan TNI AL (Danlanal) Banten, Letkol Laut (P) Golkariansyah selaku Inspektur Upacara. Bertindak selaku Komandan Upacara, Serma Saparudin dari Grup 1 Kopassus Serang.

"Dengan semangat 17 Agustus ini, kita pererat persatuan dan kesatuan dengan mengibarkan bendera laut, membentangkan bendera di bawah laut. Ini menunjukkan semangat kita," kata Danlanal Banten Golkariansyah seperti dikutip antaranews.

Danlanal mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut Sangiang memiliki tantangan alam yang berat terutama arus yang kuat. Namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi, seluruh penyelam bisa melaksanakan upacara dengan tenang dan aman.

"Pada saat pembentangan bendera tadi, arus sangat kencang. Ini tidak sama dengan membentangkan bendera di darat. Ini kita menghadapi arus, kemudian angin dan segala macam arah. Tetapi dengan semangat tadi, semua dapat terlaksana," paparnya.

Sementara, Ketua POSSI Cilegon, Irfan Ali Hakim menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengibaran bendera di Sangiang. Ia berharap, pengibaran dalam rangka peringatan HUT RI ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat.(red/ts/ant)