Gubernur Banten Siap Evakuasi Warganya di Wamena

0

Kerusuhan di Wamena
Cipasera - Sekitar 17 orang asal Serang yang kehabisan bekal dan terlunta akibat kerusuhan di Wamena, Walikota Serang Syafrudin menyatakan  siap untuk membantu   untuk keluar dari Papua dan  kembali ke kampung halaman.

“Kalau Pemerintah Kota Serang sangat siap menolong warga Kota Serang untuk kembali pulang. Apapun yang dibutuhkan oleh mereka akan kami persiapkan,” kata Syafrudin  di kantornya, Selasa (1/10/2019)

Untuk itu, Pemkot Serang  akan mengumpulkan data warga Kota Serang yang  berada di Papua. Ia akan berkoordinasi dengan Forkompimda untuk melakukan pengumpulan data tersebut.

“Mudah-mudahan secepatnya. Secara teknis, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Kami pastikan siap untuk membantu warga kami di Papua,” katanya

Tak hanya Walkot Serang, Gubernur Banten Wahidin Halim pun siap menjemput warganya itu. Hal itu diungkapkan WH melalui akun medsos miliknya. Katanya, ia telah menugaskan kepala BPBD Provinsi Banten untuk memimpin tim, untuk menjemput warga Banten  yang di Wamena dipulangkan. Diberitakan ada 17 warga Banten, laki - laki dan perempuan minta dievakuasi tapi tak punya biaya.

Menurutnya, ia sebagai pemimpin Banten memiliki kewajiban untuk membela dan membantu warganya yang terjebak dalam peristiwa yang terjadi di Papua.

“Ini menjadi catatan  bagi warga Banten, kita tidak boleh menanggapi dengan emosi, namun kita sikapi  dengan tindakan utama mengembalikan mereka, pulang  ke Provinsi Banten,” ujar mantan Walkot Tangerang ini (red/bn)