BMKG Himbau Masyarakat Hati- Hati Malam Tahun Baru di Pantai Anyer

Badai Phanfone saat landa Filipina

Cipasera - Masyarakat yang berlibur di pantai wilayah Banten dihimbau waspada akan datangnya Badai Topan Phanfone.  Badai  berkecepatan mencapai 196 kilometer per jam tersebut  berpotensi menerjang wilayah Banten jelang pergantian tahun. Selain itu, badai  itu diprediksi  mengakibatkan hujan deras disertai angin kencang, kilat dan petir.

Hal itu dikatakan Prakirawan BMKG Serang  Trias Asmarahadi melalui aplikasi pesan, Sabtu, 28/12/2019.

Tidak hanya Banten hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir  juga akan melanda di sebagian besar Sumatera, Banten, Jabar, Jatim, Bali, NTB, NTT, Kalimantan  Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Papua.

Maka BMKG lantas  merilis peringatan dini kemungkinan terjadinya badai Phanfone ini, khususnya masyarakat yang beraktivitas di pesisir Banten. Sebab, badai ini berpotensi memicu gelombang tinggi hingga empat meter ada di samudera Hindia selatan Jawa hingga Lombok.

Masih kata Asmarahadi, gelombang tinggi itu disebabkan meningkatnya kecepatan angin dengan kecepatan mencapai 20 knot di wilayah Indonesia bagian utara dan 16 knot di wilayah Selatan Indonesia. Gelombang setinggi 2,5 meter pun diprediksi akan menerjang wilayah Selat Sunda.

Untuk menekan kemungkinan jatuhnya korban luka hingga korban jiwa, BMKG mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas dan berhati-hari di pesisir pantai Banten.

"Wilayah terdampak gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di Selat Sunda bagian barat dan selatan, kemudian di perairan Selatan Banten hingga Jawa barat. Dimohon kepada masyarakat yamg tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar wilayah berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Asmarahadi.

Sekadar catatan, badai Phanfone 25 Desember lalu menerjang  Filipina dengan kecepatan   195 kilometer. Mebewaskan 16 orang dan merusak atap rumah, menumbangkan tiang listrik, jaringan internet dan seluler terputus, hingga mengganggu jadwal penerbangan. (Red/ts/lip6)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel