Inflasi di Tangsel Sangat Rendah. BI Banten Apresiasi

0

Pasar di Tangsel
Cipasera - Gejolak inflasi dan kenaikan harga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  jarang terjadi. Bahkan cenderung stabil dari bulan ke bulan di 2019. Tangsel tercatat tidak pernah mengalami gejolak harga yang signifikan.
Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi, Banten Purwanto mengapresiasi,  nilai inflasi di Kota Tangerang Selatan yang berada di bawah inflasi Provinsi Banten. Tapi Purwanto tetap menghimbau, agar pemerintah kota terus melakukan upaya agar inflasi di Kota Tangsel agar tetap stabil.
”Dari data yang kami ambil, inflasi memang memengaruhi beberapa harga komoditas salah satunya adalah cabe merah keriting," katanya. 
Sementara, menurut Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnile  inflasi pada semester dua ini sejak Juli terletak pada angka 0,23 persen. Kemudian Agustus pada angka 0,16 persen. Berlanjut ke September -0,09 persen. Dan terakhir bulan Oktober, 0,02 persen.
”Sementara untuk bulan November data belum tersedia,” kata Benyamin dalam rapat TPID di Soll Marina, Serpong, beberapa waktu lalu.
Stabilitas inflasi karena banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam memastikan untuk menekan inflasi di Kota Tangsel. Agar tidak terlalu tinggi ataupun rendah sehingga harga komoditas juga bisa sesuai.
Benyamin  menambahkan dengan adanya upaya penekanan inflasi, maka pemerintah lebih bisa untuk mengatur harga komoditas. Agar bisa sesuai dengan kemampuan masyarakat. Hingga saat ini, situasi tersebut bisa dilakukan oleh pemerintah.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengungkapkan,  bukan hanya pergerakan harga saja yang perlu diawasi,  ketahanan pangan juga penting ditangani.Dimana saat ini dengan perkembangan zaman dan teknologi menjadi PR bagi pemerintah untuk menyadarkan masyarakat.
”Orang sudah sibuk dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan pribadi, apa-apa serba online. Tapi, jangan sampai lupakan, jika kita sebagai manusia membutuhkan makanan yang bergizi juga,” kata Airin. (Red/hms)