Airin Lantik 4 Kepala Dinas Berusia 40-an

0

Fuad saat dilantik Airin (Foto: Ist)
 
Cipasera - Pekan pertama tahun 2020, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bikin kejutan. Walkot dua periode ini  melantik empat  kepala dinas strategis berusia 40-an tahun  dan dua badan dilingkup Pemerintah Kota Tangsel, di ruang anggrek, lantai 1,Puspemkot,Senin (6/1).

Mereka yang dilantik,  yakni Aries Kurniawan menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum. Aries sebelumnya merupakan pelaksana Plt  kepala dinas PU, Wawang Kusdaya menjabat Kepala Badan Kesbangpol. Wawang  sebelumnya menjabat Kabag umum dan perlengkapan Setda Tangsel.

Sementara Fuad menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang sebelumnya sebagai Plt  di dinas yang sama.  Wahyudi Leksono menjadi Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah yang sebelumnya Kabag ULP. Eki Herdiana menjabat Kepala Bappeda sebelumnya Sekdis DPMPTSP, Ade Suprizal menjabat Kadis Perkimta sebelumnya Sekdis DBPR

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam pidatonya mengatakan, dirinya menunggu hasil karya dan kinerja pejabat yang baru dilantiknya. "Saya tunggu inovasi dan karya dari bapak-bapak yang dilantik,"kata Airin saat pelantikan, Senin 6/1/2020

Masih menurut Airin, mereka yang dilantik dan diambil sumpahnya sudah  melalui proses open bidding yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Khusus kepada mereka yang dilantik pada hari ini, saya ingin mengingatkan bahwa sesuai dengan peraturan di bidang kepegawaian, fungsi pemangku jabatan hanya satu, yaitu memimpin dan memotivasi setiap pegawai ASN  dilingkup kerjanya," ujarnya.

Satu fungsi ini mungkin terdengar sederhana, tapi jika dilihat secara lebih seksama, sesungguhnya memiliki konsekuensi dan tanggung jawab yang sangat besar. Memimpin dan memotivasi bukanlah pekerjaan mudah.

Memimpin artinya bagaimana dapat membangun kepercayaan bawahan, bagaimana dapat membangun sebuah unit kerja yang kondusif dan bagaimana bersedia bertanggung jawab atas apa yang terjadi di unit organisasi.

Selain itu, memimpin dan menjadi pemimpin artinya harus memiliki visi, semangat pantang menyerah dan keteladanan. Tiga hal ini yang membedakan seorang pemimpin dan pengikut.

Demikian juga dengan memberikan motivasi. Saudara-saudara harus mampu membangun, membangkitkan dan memelihara motivasi setiap pejabat dan pelaksana yang ada di lingkup kerja saudara.

"Motivasi adalah faktor kunci dalam sebuah organisasi. motivasilah yang mendorong kita semua untuk dapat bekerja dan mencapai apa yang menjadi tujuan kita," pungkas Airin. (Red/HMS)