Tangsel Kirim Peserta Ke Olimpiade IPA Tingkat Nasional di Yogya

0

Radhisty didampingi Yaryono (kanan)
Cipasera - Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan yang dicanangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel sudah dirasakan hasilnya. Selain berhasil memotivasi siswa belajar, juga meningkatkatkan prestasi akademik. Salah satu yang cukup membanggakan, prestasi akademik Radhisty Fadilla Mizwar. Siswi  kelas V SD Negeri Pondok Benda 01 Pamulang Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil  menjadi juara dalam Lomba Olimpiode IPA Tingkat Sekolah Dasar.

Dengan keberhasilan  tersebut,  siswi  berusia 10 tahun ini terpilih dan melaju ke Lomba Olimpiade IPA Tingkat Nasional setelah menjuarai Lomba Olimpiade IPA Tingkat SD se-Provinsi Banten. Radhisty  akan bertarung di lomba tingkat nasional di Jogjakarta, pada 26 Januari 2020 mendatang.

Menurut Kepala Dindikbud Tangsel Drs. Taryono MSi, prestasi yang diraih oleh Radhisty  sebagai peserta olimpiade di tingkat nasional, cukup menarik untuk memotivasi siswa - siswi  di Tangsel. Selain itu, menunjukan  GSBM membuahkan hasil. GSBM  merupakan program Dindikbud Tangsel untuk membangun prestasi para siswa lebih rajin belajar ditempat yang nyaman dan aman menjadikan sekolah rumah kedua untuk menimba ilmu.

“Sekolah Dasar Negeri No 1 Pondok Benda  di Kota Tangsel berhasil menciptakan suasana belajar seperti GSMB sehingga berprestasi, baik akademis maupun non akademis. Makanya,  alhamdulillah salah satu siswinya berprestasi dan ikut  dalam Olimpiade Sains Bidang IPA di Jogja,” terang Taryono.

Selanjutnya Taryono menguraikan soal prestasi siswa. Bahwa prestasi siswa akan meningkat bila didukung  sarana dan prasarana. Program GSMB sebagai  sarana atau ajang mendorong para siswa untuk berprestasi. Dan  salah satu sekolah yang berhasil SDN Pondok Benda 01 Pamulang Kota Tangsel.

“Di bidang non akademis, sekolah harus membangun sekolah, yang nyaman dan aman bagi para siswa. Jadikan  sekolah menjadi rumah kedua bagi para siswa. Juga harus diingat, sekolah mampu membangun karakter siswa. Inilah yang disebut GSBM,”  ujar Taryono. 

Taryono memberi apresiasi keberhasilan tersebut.  "Dengan terpilihnya siswi tersebut kita apresiasi  kepala sekolah dan guru pembimbing yang telah bisa mengantarkan siswinya berprestasi di Tingkat Nasional,” ujar Taryono seperti dikutip  media,  Rabu 8/1/2020).

Taryono juga berharap Semoga bisa menjadi motivasi bagi kepala sekolah lain untuk terus berprestasi dalam akademis dan non akademis.

Kepala SDN No 1, Pondok Benda Pamilang Adi Juhadi,  menjelaskan persiapan yang telah dilakukan, antara lain, mengumpulkan buku-buku yang berbau sains, materi sains, buku-buku olimpiade sains dan mengerjakan soal-soal sains, OSN IPA .

“Insya Allah sudah siap pak, tinggal berangkat..,” ujarnya (Adv)