Tarif Tol Pondok Aren - Serpong Naik, Pengguna Mengeluh

0


Cipasera -  Tarif tol Pondok Aren - Serpong naik bervariasi. Kenaikan tersebut akan berlaku mulai 31 Januari 2020. Kebijakan baru ini mendapat respon para pengendara.

"Ya ampun....baru saja kemarin menikmati besok sudah naik. Ampun deh...apa - apa kok naik," kata Lina, warga Pamulang. "Kami tentu tak setuju. Sebab beban kami jadi bertambah. Kan sekarang banyak yang naik. BPJS, sembako juga."

Masih menurut Lina. Mestinya kenaikan tol nanti sekira bulan Juli. Pemerintah kok seperti tak mempertimbangkan daya beli masyarakat.

Direktur Utama PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tol Purwoto menyampaikan bahwa kenaikan tarif ini dilakukan setelah pihaknya memenuhi penilaian dan evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Badan Pengatur Jalan Tol.

“Penyesuaian tarif ini diterapkan setelah adanya penilaian dan evaluasi atas pemenuhan seluruh SPM yang telah ditetapkan oleh BPJT. Keputusan ini juga dihitung berdasarkan angka inflasi Kota Tangerang Selatan,” ungkap Purwoto lewat keterangan tertulis, Rabu (29/1/2020).

“Selama 2 tahun terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu sebesar 7,60%,” lanjutnya.

Kenaikan  tarif ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor:1233/KPTSM/2019 tentang penyesuaian tarif pada ruas Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Kenaikan tarif hanya untuk  Golongan I dan II. Sementara itu untuk Golongan II, IV, dan V tarifnya justru turun.

Sebagai informasi, Ruas Jalan Tol Pondok Aren-Serpong saat ini mempunyai 2 gerbang tol. Yakni Gerbang Tol Pondok Aren 1 dan Gerbang Tol Pondok Aren 2 yang terdiri dari 7 Gardu tol yang beroperasi.

Adapun tarif baru Pondok Aren-Serpong adalah sebagai berikut:

Golongan I Rp 7.000 sebelumnya RP 6.000
Golongan II Rp 13.500 sebelumnya Rp 11.500
Golongan III Rp 13.500 sebelumnya Rp 14.000
Golongan IV Rp 16.000 sebelumnya Rp 17.500
Golongan V Rp 16.000 sebelumnya Rp 21.000 (red/ts/detik)