PLTs Cipeucang Tangsel Akan Dikerjakan Tahun 2021

Dirjen Lucky dan Airin
Cipasera - Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan terobosan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Tangsel. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu, membangun PLSTa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah ) untuk Cipeucang.

Walikota Tangsel  Airin Rachmi Diany menjelaskan, jika penyelesaian sampah masih menjadi PR untuk Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Sejak tahun lalu sudah ditentukan, untuk menyelesaikan masalah ini, pemerintah akan membangun PLSTa di Cipeucang.

Airin tak mempersoalkan soal teknologi yang dipilih. ”Yang terpenting teknologinya benar-benar bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga harus dikerjakan dengan serius,” kata Airin seusai pertemuan dengan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan Resiko Lucky El Firman di Gedung Direktorat Jenderal Keuangan RI , 3/2/2020.

Airin  selanjutnya menambahkan,  untuk mewujudkan pembangunan PLSTa ini baru bisa dirampungkan pada September 2021, karena ada beberapa proses tahapan yang harus dikerjakan. ”Misalnya, penyusunan FBC dan persiapan bidding dan lainnya. Itu membutuhkan waktu yang cukup panjang,” ujar Airin.

Sementara Dirjen Pengelolaan Pembiayaan Risiko Luky Al Firman mengatakan, Pemerintah Pusat menghargai komitmen Pemerintah Kota Tangsel mengenai sampah. Sehingga dirinya akan terus memberikan dukungan terhadap dalam melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

”Nanti ketika berhasil, Tangsel akan menjadi model atau pilot project yang bisa dicontoh oleh kota dan kabupaten lainnya. Maka harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” ujar Luky.

Lucky  menambahkan, saat ini permohonan dari Pemerintah Kota Tangsel terkait PLSTa ini akan disampaikan kepada pihak Asian Development Bank. Yang mana, saat ini Pemerintah Pusat sudah menunjuk ADB dan SMI sebagai pendamping proses pembangunan PLSTa ini.

”Sesuai jadwal, dari ADB bahwa pemenang lelang atau investor baru diketahui paling cepat pada bulan September 2021,” ujar Luky. (Rils)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel