Rendra Bersaksi Rocky Gerung Beraksi


Nopember 2020 ini tambah semarak. Ada acara kebudayaan memperingati kelahiran pujangga Rendra - Sala, 7 Nopember 1935. Tapi  yang penting  dicatat untuk disimak publik, sajak Kesaksian Akhir Abad akan dididkusikan.  

Jika tahun kemarin ada 2 R :  Rindu Rendra, tahun ini bertambah menjadi 3 R : Rocky Rindu Rendra, yang akan berlangsung 7 Nopember di Kafe Sastra, Pal Meriem, Jakarta Pusat.  Acara dengan moderator Teguh Wijaya dari PWI Jaya ini tampil pula politisi Muhaimin Iskandar.

Semasa hidupnya,  Rendra tegar seperti batu karang ataukah ada lagu rock alias cadas bakal diluncurkan? Penggemar musik rock tentu gembira bila maujud tahun depan.

Kesaksian Akhir Abad

Untuk kali ini Rocky yang dimaksud ialah pegiat cerdas waras Nusantara - asal Menado : suaranya kadang classic bisa juga ballads. Tak semua orang paham aliran musik ini, meski umumnya liriknya berisi kritik sosial, menjadi saksi ada masalah dalam kehidupan masyarakat.

Boleh jadi di seputar itulah materi yang disampaikan oleh Rocky Gerung untuk memeriahkan acara haul “si Burung Merak,” yang tahun ini mengunggah tema “Kesaksian Akhir Abad.” Rocky tampaknya mengangkat kesaksian atas kiprah – aksi Rendra di panggung “sandiwara” kehidupan.

Tinjauan sosbudpol selalu menarik, apalagi dalam suasana kampanye pilkada kurun waktu ini. Sikon politik dalam dan luar negeri sedang hangat. Pembelaan Macron - wong Perancis - terhadap komikus yang melecehkan Nabi Muhammad SAW sudah diprotes oleh presiden Jokowi. Bukan mustahil itu mendorong tokoh politik Muhaimin Iskandar - boleh dipanggil : cak Imin - bakal tampil di kegiatan ini menyoroti istiqamahan Rendra dalam menegakkan syiar. Pentas Kasidah Barzanji di TIM, misalnya, sekian puluh tahun lalu, adalah satu dari banyak bukti.

Ada Youtube

“Komunitas Burung Merak Rendra” untuk kedua kalinya mengadakan Lomba Video Baca Puisi, “..Tujuannya untuk mengakrabkan generasi muda dengan karya sastra,” ujar Clara Sinta Rendra, ketua penyelenggara kegiatan ini dalam wawancaranya dengan Syamsuddin CH Haesy dari Radio Salam. 

Tahun ini puisi “Kesaksian Akhir Abad" karya Rendra, yang ditulis di Candi Ceto, 31 Desember 1999, dilanjutkan di  Balikpapan, 6 November 2000, wajib dibaca oleh peserta perorangan maupun kelompok/grup. 

Lebih dari 250 pegiat seni dari berbagai daerah di Nusantara telah mengirimkan aksi mereka masing-masing untuk dinilai juri. Rencananya video 10 nominator akan ditampilkan sebelum acara talkshow, kemudian usai acara dilakukan pengumuman pemenang lomba. 

Acara ini dapat disaksikan di channel Youtube “Komunitas Burung Merak Rendra” mulai jam 19.00 s/d 21.00 wib. Pengurus Cafe Sastra Balai Pustaka – tempat pelaksanakan acara - menyatakan bahwa pembicara, moderator dan undangan terbatas yang hadir :  wajib melaksanakan protokol kesehatan : cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Semoga bermanfaat. Selamat Re-Kreasi. (ubs).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel