Ikut Uji Publik Informasi, Banten Diprediksi Dapat Award



Cipasera - Uji Publik Keterbukaan Informasi 2023 dihelat Komisi Informasi (KI) Pusat  dihadiri 26 Provinsi di Hotel Mercure, Jakarta, Kamis 30/11/2023.

Ketua KI Provinsi Banten Toni Anwar M mengatakan hanya 26 Provinsi yang dilakukan uji publik oleh KI Pusat pada tahun ini, salah satunya Provinsi Banten dan Pj Gubernur Banten hadir langsung. 

Kehadiran  Prov Banten, Anwar  yakin Provinsi Banten akan kembali meraih Predikat Informatif keempat kalinya secara berturut-turut. Kehadiran dalam uji publik ini menegaskan komitmen pimpinan  sebagai provinsi Informatif.

"Tahun ini, jumlah lembaga publik di Provinsi Banten yang mendapatkan predikat Informatif mengalami peningkatan dari 17 menjadi 25 OPD  serta seluruh pemerintah Kabupaten / kota juga telah informatif. Untuk itu kami yakin di tahun ini Provinsi Banten akan kembali meraih predikat informatif," ujarnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, usai mengikuti UPKI  mengatakan, informasi publik sangat penting sebagai policy brief dan bagian kontrol sosial dua arah antara masyarakat dengan pemerintah. Informasi publik, apa saja yang sudah dilakukan pemerintah terinformasikan kepada masyarakat.

Kemudian, berbagai informasi yang didapat dari publik, itu juga menjadi salah satu pertimbangan pengambilan keputusan, baik dalam tatanan perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawabannya. 

Di tatanan perencanaan dimana informasi publik ini banyak hal masukan dari publik yang disampaikan kepada pemerintah dan itu menjadi sumber informasi yang luar biasa.

Di tatanan pelaksanaan juga demikian. Dimana publik sebagai sosial kontrol, berbagai informasi juga bisa cepat kita dapatkan sebagai feedback pengambilan keputusan Kepala Daerah untuk mengambil langkah dalam tatanan implementasi. (red/*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel