Golok Banten Akan Disosialisasikan dan Didaftarkan Ke Unesco

Berbagai jenis golok Banten. Unik

Cipasera  - Banten Art Market  2023  yang digelar di alun - alun Kota Serang   menampilkan berbagai bentuk dan corak Golok Banten yang unik.

Kegiatan yang berksngsung malam ini dihadiri   AKBP Agus Rasyid, Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa, Koordinator Tim Ahli Golok Indonesia Ariyanto, S.H  beserta sejumlah perwakilan pelestari Golok Banten dan s masyarakat Kota Serang.

Agus  Rasyid mengatakan bahwa golok Banten sudah lama menjadi sebuah karya seni asli Indonesia.  Hal ini akan menjadi catatan bagi Banten. " Keindahan Golok Banten dapat dilihat dari bagian gagang dan sarungnya. Ada kesan unik  ketika melihat sarung dan gagang golok. Keterampilan pengukir  membuat sarung dan gagang golok telah menghasilkan benda bernilai tinggi," kata Agus.

Agus juga menyampaikan  Golok Banten akan disosialisasikan kepada masyarakat Banten. “Sebelum kita sosialisasikan secara internasional,  akan dusosialisasikan golok ini di provinsi Banten agar masyarakat Banten juga mengetahui,” ujar  Agus.

Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa mengapresiasi, upaya pemerintah yang sudah konsen terhadap karya budaya Indonesia sebagai karya anak bangsa. 

“Saya sangat mengapresiasi upaya pemerintah setempat dan Polda Banten yang sudah konsen terhadap karya budaya Indonesia  di daerah Banten yang kaya nilainya, " kata Ignatius. "Sebagai warisan nenek moyang,  nilai yang terkandung dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang. ". *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel