Secara Teknis, Wajar PPDB Online Error

0

 
Posko PPDB
Cipasera – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tangerang Selatan melalui online diperpanjang hingga hari  Selasa, 10 Juli 2018. Pasalnya, Pihak Dindikbud Kota Tangsel sedang melakukan perawatan atau perbaikan website. Tapi pendaftaran tersebut hanya untuk mereka yang belum terinput datanya.

“Bagi yang sudah terdaftar, ya tidak perlu lagi mendaftar. Tinggal nunggu pengumuman,” kata seorang petugas di SMP Negeri 11, Serpong  yang enggan disebut namanya. “Semua sedang diperbaiki datanya. Jadi tunggu hari Senin saja,” tambah petugas tersebut kepada orang tua calon siswa, Sabtu, 7/7/20218.

Sebetulnya PPDB pertama dibuka lancar saja. Bahkan Kadis Dindik Tangsel Taryono kepada cipasera.com menyatakan  sudah sekitar 4500 data calon siswa yang sudah diinput dalam pendaftaran.  Namun  entah kenapa  pada hari kedua, mereka yang mendaftar datanya banyak yang hilang. Juga  ada data indentitasnya tercatum tapi nama tidak. Untuk itulah sejumlah calon siswa mendatangi posko-posko.  Dan Kadis Dindik Taryono memberikan penjelasan. .

“Memang ada kendala tapi  semua bisa kami tampung. Misalnya data dan proses cetak tak  sesuai.  Kalau memang orang tua tidak bisa langsung mendaftarkan melalui website yang  ada, kami akan daftarkan," kata Taryono  di Posko 3 SMPN 8 Kota Tangsel, Setu.

Menurut Taryono   pada  Kamis, 5 Juli   terdapat 5.500 siswa yang datanya sudah masuk ke dalam server. Ditaksir, masih ada berkisar 5.000 sampai dengan 6.000 siswa yang masih di dalam proses pendaftaran.
   
Soal kendala,  Doni  Pilo, orang tua calon siswa yang kebetulan lulusan  Prodi IT mengatakan,  kemungkinan errornya,  website pendaftaran ada kemungkinan karena servernya kapasitasnya kecil.  Jika itu yang terjadi mempengarungi traffic.

“Ketika  pada waktu bersamaan masyarakat online bersamaan yang jumlahnya melebihi kapasitas, dipatstikan akan anjlog. Tapi itu gambarannya sebab saya tak tahu berapa kapasitas server yang dimiliki, ”katanya. 

Doni juga mengatakan pendaftaran online seperti PPDB ada kendala,  itu  dinilai sangat wajar. Sebab dunia online itu terkoneksi dengan banyak sistem. Meskipun server, badwich  bagus  dan trafficnya bagus tapi kalau jaringan lain tak maksimal bisa error juga. 

"Misalanya, satelit atau jaringan lagi kena gangguan bisa juga error. Demikian dengan adanya virus juga mengganggu. Jadi saya ya maklum. Makanya, saya lebih banyak ngecek ke posko," pungkas Doni.(Red/*)