Peter Gontha Masuk Partai, Rosi Gantikan Jadi Anggota DK PWI Pusat

Rosi (foto: Ist)
Cipasera - Dewan Kehormatan PWI Pusat mengangkat Rosiana Silalahi sebagai Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat menggantikan Peter F.Gontha. Keputusan tersebut diambil dalam rapat pengurus DK PWI yang dipimpin Ketuanya, Ilham Bintang, Kamis ( 21/11/2019) di Kantor PWI Pusat.

Pergantian  Peter F Gontha oleh Pemimpin Redaksi Kompas TV tersebut karena Peter mengundurkan diri setelah ia menjadi anggota Dewan Pakar Partai Nasdem.

Menurut Ilham Bintang,  sesuai Peraturan Dasar PWI Pasal 26 ayat 3 menyebutkan, pengurus PWI tidak boleh merangkap jabatan  sebagai pengurus partai politik. Untuk itu, pengunduran diri  Peter mendapat apresiasi sebab memberi contoh yang baik.

"Itu semua demi tegaknya disiplin organisasi dan kami salut serta berterima kasih" katanya.

Dengan demikian susunan lengkap  DK PWI Pusat terdiri dari Ketua Ilham Bintang, Sekretaris Sasongko Tedjo, dengan Anggota : Karni.Ilyas, Asro Kamal Rokan,Rosiana Silalahi Suryopratomo, Tri Agung, Teguh Santosa dan Rajapane.

Ilham Bintang menambahkan,  DK PWI ke depan akan lebih responsif menanggapi kasus kasus pers khususnya yang terkait pelanggaran kode etik jurnalistik.Sekarang PWI bahkan telah memiliki Kode Perilaku Wartawan yang akan mengawasi praktek jurnalistik yang profesional dan beretika.

Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menekankan,  pengawasan terhadap pers dapat dilakukan oleh masyarakat. Untuk itu DK PWI bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR ) akan keliling tanah air untuk melakukan sosialisasi dan literasi ke masyarakat. Pengawasan masyarakat dirasa penting dan untuk itu mereka perlu dibekali pemahaman kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan.

Ketua MPR Bambang Susatyo menyambut baik rencana itu  karena tegaknya pers yang profesional dan beretika akan memperkuat konstitusi, demokrasi dan pilar pilar kebangsaan lainnya. "Jadi tugas MPR dan pers itu seiring sejalan" kata Bambang.

Program literasi dan sosialisasi bersama MPR dan PWI ini akan dimulai awal tahun 2020.

Rosianna Magdalena Silalahi adalah Mantan Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV.  Isteri Dino Gregory Izaak  yang akrab disapa Rosi itu,  lahir 26 September 1972 (usia 47 tahun), di Pangkal Pinang. Rosi merupakan alumnus Universitas Indonesia. (Red/T/Idtco)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel