50 Koperasi Tangsel Uji Laporan Keuangan 2 Nopember

0

Marwan Syanudin dengan Pengusaha Tas. Kapan UKM work shop?


50 koperasi mengikuti   Workshop Teknik Pelaporan Pengelolaan Koperasi dengan sistem aplikasi online di Resto Pondok Kemangi, Serpong, Tangsel pada Rabu, 14 September 2016. Pelatihan diadakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kota Tangsel tersebut  dihadiri oleh Ketua dan Bendahara koperasi.

Dalam pelatihan, mereka diberikan materi  teknik penyusunan pelaporan pengelolaan koperasi melalui sistem online yang aplikasinya sudah disiapkan oleh Indonesia Business Simulation (INAPEN).

“Ini merupakan tindak lanjut  kerjasama yang telah kami lakukan beberapa tahun. Di mana Dinkop dan UKM Tangsel bekerjasama dengan INAPEN  memberikan pelatihan untuk  pengurus koperasi,” kata  Kepala Bidang Koperasi pada Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan, Nurhayati.  

Ini merupakan kegiatan untuk  pengurus koperasi mengenai sistem yang akan digunakan dalam pelaporan pengelolaan koperasi. Karena aplikasi secara online ini merupakan pertama kalinya yang akan diterapkan di koperasi di Tangsel. 

"Saat ini pengenalan materi  tentang sistem . Setelah paham materi yang diberikan hari ini, paa peseta  akan kembali diberikan pelatihan sekaligus praktek secara langsung menggunakan laptop pada 2 November 2016 di kantor INAPEN," jelas Nur. Karena itu pihaknya berharap para peserta bisa hadir sehingga  bisa menjalankan program tersebut dengan baik. 50 koperasi yang sudah mendapatkan pelatihan ini akan didampingi selama 4 bulan. Mulai dari penginputan data hingga pembukuan keuangannya di dampingi.

Sistem ini dibuat agar para pengelola koperasi bisa lebih baik dalam pengelolaan laporan baik untuk anggota maupun untuk  petugas Dinkop dan UKM Tangsel. “Manfaat menggunakan program ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan anggota koperasi kepada penguus. Dengan terbuka, kapan saja anggota bisa mengetahui sejauh mana biaya yang sudah di investasikan maupun keuntungannya,” papar Nur. (Ts)