Situ Parigi Rusak, Masyarakat Bikin Deklarasi

0

Sungai Menuju Situ Parigi Penuh Sampah . (foto: Ist)


Cipasera.com -  Keberadaan  Situ Parigi  yang terletak di kelurahan Parigi Lama, Pondok Aten Tangsel  kini memprihatinkan. Sebab sebagian kini telah  dimanfaatkan menjadi lahan pemukiman dan beralih fungsi menjadi tempat pembungan sampah  dan limbah rumah tangga.

Merasa peduli dengan lingkungan, terutama situ Parigi dan delapan situ lainnya yang ada di Tangsel,   sekolompok masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Setu (KORPS)  membuat    Deklarasi Penyelamatan Situ Parigi. Deklarasi tersebut, antara lain berbunyi:
  1. Warga Tangerang Selatan dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan wajib memelihara dan menjaga kelestarian setu Perigi dan setu setu lain yang ada diwilayah Kota Tangerang Selatan sesuai kodratnya dan peruntukannya bagi warga kota dan bagi setiap umat manusia.
  2. Mendesak Pemkot Tangerang Selatan agar lebih peduli terhadap kelestarian setu-setunya dengan melakukan aneka kegiatan penghijauan di sekitar situ.
  3. Mendesak Pemkot Tangerang Selatan agar melakukan aksi penyelamatan setu-setu dari proses pendangkalan, penyerobotan dan jual beli lahan sekitar setu.
  4. Mengajak  warga Tangerang Selatan untuk  mencintai dan peduli terhadap  lingkungan, melalui kegiatan  menanam pohon dan menjaga sumber sumber air,  khususnya di sungai dan setu.
  5. Mendorong pemkot Tangerang Selatan membuat perda lingkungan  untuk menjaga kelestarian dan keasrian sungai  dan setu beserta biota  yg hidup di dalamnya.
  6. Pemerintah Kota Tangerang Selatan wajib Menolak dan memberi sanksi secara tegas atas intervensi para pengembang (developer)  dan investor dalam pembangunan kota yang merusak lingkungan.
  1. Mendorong Pemkot Tangerang Selatan untuk mengembangkan dan melaksanakan konsep pembangunan berbasis lingkungan di semua sektor dengan  melibatkan  masyarakat secara aktif.
Ketua Koalisi Rakyat Peduli Setu, Djaini Bin Mursin akrab disapa Bang Djay  mengatakan kepada wartawan,   “Sebagai masyarakat  peduli  situ Perigi. kami tidak  tinggal diam  untuk menyelamatkan  dari  ketimpangan dan penyimpangan, ” kata Djay  usai deklarasi beberapa hari lalu. (*).