PPDB SMA/SMK Online Tangsel Sering Error, Calon Siswa Kebingunan Mengadu

0

Ilustrasi suasana  PPDB manual (foto: Ist).
Cipasera.com- P PDB ( Pendaftaran Peserta Didik Baru )  untuk  SMK dan SMA  melalui online sudah dimulai. Namun  sejak kemarin, Rabu (7/6/2017) sejumlah  calon orang tua murid di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang ingin mendaftar  mengeluhkan system on line yang kerap tak dapat diakses.

“Saya sudah mencoba mendaftar tapi situs PPDB sering error.  Dan setelah kami coba  hingga malam pun, tetap  sulit,” kata  Nindya, warga  Bambu Apus, Pamulang. Sementara untuk minta penjelasan ke Dindik Tangsel, kata Nindya, telepon Dindik Tangsel tak bisa dihubungi.

Bukan Cuma Nindya. Sharun  Dony , yang  bertempat tinggal di BSD, Nusa Loka, Serpong pun mengalami hal sama. “Kami sudah coba masuk dan mendaftar tapi sulit bukan main. Ada apa ini? Mestinya, pihak dinas pindidikan membuka “tempat pengaduan”. Ini kan masalah  yang urgent,” kata Sharun.

Akibat sulitnya mengakses situs menimbulkan kecurigaan. Sharun  menduga ada permainan di pihak dinas pendidikan. “Sudah bukan hal aneh. PPDB di Tangsel selalu bermasalah karena banyak yang lewat ‘pintu belakang’ seperti tahun lalu,”  kata Sharun. “Kami berharap pihak Dinas pendidikan  Kota Tangsel merespon," tambah Sharun.

Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel yang dihubungi  cipasera.com mengatakan, PPDB SMK/SMA   ditangani oleh Dinas Pendidikan Provinsi.  Hal itu setelah kewenangan  SMK/SMA beralih ke  Provinsi sejak awal tahun ini.


“Kepada masyarakat mohon dimengerti, sekarang kewenangan ada di Dindik Provinsi,” kata Taryono, Rabu, 7/6/2017.
 
Pejabat perwakilan Dindik Provinsi  Heri S yang dihubungi cipasera.com dikantornya di Serpong Utara  tak ada di tempat. “Bapak sedang monitoring ke lapangan,” kata seorang petugas. (Red/Ts)