Selain Patung Kwan Shie Teee...Ini Dia Patung Kontroversi Yang Dibongkar

0
Proses penutupan patung Kwan Shie Teee
Cipasera.com- Kontroversi patung hingga pembongkaran sebetulnya sudah lama terjadi. Setidaknya lebih dari tujuh patung diberbagai daerah dibongkar akibat protes massa. Namun masyarakat seperti tak mau belajar dari kejadian tersebut. Alhasil, patung kobtroversial muncul lagi. Salah satunya, patung Dewa Perang, asal Tiongkok Kong Co Kwan Sie Teee Koen di Klenteng Kwan Swie Bio Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 
Patung tersebut tadi siang didemo massa sekitar 2000 orang dari berbagai elemen. Para pendemo yg mendatangi DPRD Jawa Timur meminta agar patung tersebut dibongkar (dihilangkan). Dan DPRD berjanji akan menindaklanjuti aspirasi massa tersebut. 
Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Tuban Hari Sunarno di Tuban, Ahad (6/8), menjelaskan penutupan patung setinggi 30,4 meter dengan lebar sekitar lima meter dari kepala hingga kaki belum termasuk dasar pondasi dengan memanfaatkan kain putih dilakukan sejak Minggu lalu. 
Penupan tersebut setelah pengurus klenteng memperoleh masukan dari Forpimda juga Forum Kerukunan Umat Beragama (FUB) yang menggelar rapat untuk mengatasi gejolak di masyarakat yang menolak keberadaan patung itu. Maka akhirnya patung ditutup kain. Dan areal kelenteng untuk sementara ditutup untuk wisatawan. 
Siapa pembuat patung tersebut? Dari data yang tertera di dipondasi patung tertulis, patung tersebut adala patung sumbangan keluarga Hindarto Lie Suk Chen Surabaya. Sedangkan di bawahnya tertulis design by (Koh Po) Hadi Purnomo dan Ir Djuli Kurniawan. 
Berikut Info grafis patung yg pernah kontroversial. Dan akhirnya dibongkar.(red/t)