Hiburan Malam di Tangsel Tutup Total Selama Bulan Puasa

0
Sebuah Warung tenda Pamulang ( ilustrasi )
Cipasera - Jangan harap bila bulan Puasa 2018 di Tangerang Selatan,  yang mulai berlangsung Kamis, 17/5/2018,  bisa ketemu warung buka pagi hari. Demikian pula dengan tempat hiburan seperti karaoke. Sebab sesuai Peraturan Walikota (Perwal) Tangsel, selama bulan suci Ramadhan tempat hiburan malam ditutup total dan 622 restoran di Tangsel, Banten, dijadwal buka mulai jam 12.00 - 04.00 WIB.
Menurut Kepala Dinas Pariwisata Tangsel, Judianto, kebijakan tersebut merupakan penerapan peraturan Wali Kota yang sudah disepakati bersama

"Untuk jam operasional restoran yang telah disepakati, baru bisa buka pukul 12.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Sedangkan untuk tempat hiburan seperti karoke, klub dan sebagainya ditutup total selama awal puasa sampai tiga hari lebaran,” kata Judianto kepada wartawan, Selasa (15/5/2018).

Sebagai konsekwensinya,  tambah Judianto,  akan memberikan sanksi tegas bagi pihak yang melanggar, hingga pencabutan tanda daftar usaha pariwisata.


“Kami minta Perwal untuk ditaati. Perwal ini kan hasil kesepakatan bersama asosiasi pengusaha, MUI, komunitas dan aparat penegak hukum. Soal sanksi jelas, ada pelanggaran bisa sampai pencabutan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)," ungkap mantan Sekdis DPU ini. 
Masih menurut Judianto, meski ada pembatasan jam operasi resto, pendapatan usaha restoran aksn meningkat pada bulan puasa karena banyak kegiatan buka Bersama yang diselenggarakan masyarakat. 
"Peningkatan omset bisa sampai 10 persen dibandingkan dengan hari hari biasa. Pada ramadhan justru  konsumsi masyarakat tinggi terutama untuk berbuka tinggi," ujarnya (red/ts)