M.Dawam Rahardjo Akan Dimakamkan Siang Ini

0

M.Dawam Rahardjo (foto: Ist)
Cipasera -  Setelah dirawat sekitar sebulan di rumah sakit Islam Jakarta karena sakit konplikasi, akhirnya  Prof M.Dawam Rahardji, cendekiawan muslim ternams meninggal dunia. Innalilahi wa inna ilaihi Raji'uun, Rabu (30/5) malam pukul 21.55.

Kabar meninggalnya mantan Ketua ICMI ini  segera menghiasi lini massa medsos FB dan twitter dengan ragam ucapan duka cita.

Menurut adik ipar almarhum Sri Sukamti, pemakaman mantan pendiri LP3ES inj akan dilakukan pada Kamis (31/5) sehabis dzuhur.

Prof. Drs. Dawam Rahardjo, lahir di Solo, Jawa Tengah, 20 April 1942. Selain dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi Indonesia, ia juga tergolong aktivis sosial dan kebudayaan. Sejumlah kegiatan lahir dari tangannya antara lain Lembaga Study Filsafat dan Agama (LSAF) dan Jurnal Ulummul Quran.

Intelektualitas Dawam Rahardjo mulai terlihat sejak masih mahasiswa di Yogya bersama Ahmaf Wahib, Nurcholis Majid, Djohan Effendi dan lain lain.

Dan sebagai pakar ekonomi, Dawam juga telah menghasilkan sejumlah buku,  karya tulis Esai-esai ekonomi politik (1983), Deklarasi Mekah: Esai-esai ekonomi Islam (1987), Etika bisnis dan manajemen (1990), Habibienomics: Telaah pembangunan ekonomi (1995), Paradigma Alquran: Metodologi dan kritik sosial (2005), Nalar Politik Ekonomi Indonesia (2011).(red/ts)