Hari Pertama Job Fair Tangsel Serap 300 Lamaran

0
Airin didampingi Purnama buka Job Fair
Cipasera -Hari pertama Job Fair 2018 yang digelar oleh Disnaker Kota Tangsel dihadiri sekitar 2000 orang dari Kota Tangerang, Kab Tangerang, Depok, Jakarta hingga Bogor. Mereka mencari peruntungan, pekerjaan yang diinginkan. 
"Saya datang kesini untuk ikutan cari kerja. Saya memang tinggal di Bogor tapi kakak saya tinggal di Serpong. Alhamdulilah lamaran saya akan ditindaklanjuti. Disuruh ke kantor pusat 10 hari lagi," kata Sarifah, pencari kerja di job fair Rabu,18/7/2018. "Saya melamar di bagian administrasi perbankan. Katanya, kalau lolos akan ditempatkan di Tangsel.
Bukan hanya Sarifah, Zaini Markum juga datang dari luar Tangsel. Dia mengaku ingin kerja di Tangsel. "Meskipun saya KTP Jakarta, Tangsel cuma selangkah dari rumah saya. Seba saya tinggal di Bintaro," kata Zaini apa ada. Tapi Zaini belum beruntung seperti SarifahSebab lamaran yang dimasukan cuma dicatat. Tidak disuruh datang ke kantor. Katanya, disuruh nunggu balasan selanjutnya dengan email.
Meski ada beberapa dari luar kota, tapi pelamar dari Tangsel terhitung cukup banyak. Ada sekitar 300 lamaran yang masuk ke berbagai perusahaan. Dalam job fair kali ini 52 perusahaan ikut membuka stand. 
Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmj Dhiany  dalam sambutannya mengatakan, Job Fair 2018  rutin digelar oleh Pemkot Tangsel melalui Disnaker. Kegiatan sangat bermanfaat dan menjadi media untuk mempertemukan para pencari kerja dan perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian  tercipta mix  and match bagi pendidikan dan dunia kerja. 
"Job Fair di Tangsel diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dan dapat mengurangi angka pengangguran juga mengurangi kemiskinan," kata Airin. "Mudah mudahan  kegiatan ini juga dapat menjadi sinergitas dan penyaluran tenaga kerja baik di dalam ataupun di luar negeri."
Menurut Kepala Dinas Ketenagakergaan Kota Tangsel Purnama Wijaya, Job Fair merupakan bagian dari tugas utama Disnaker Tangsel sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran yang cukup tinggi di Tangsel dan penyerap tenaga kerja produktif yang ada di Kota Tangsel.
"Sebanyak 4900 dibutuhkan lowongan untuk ke luar negeri termasuk Korea atau Jepang dan 5103 untuk kebutuhan daerah dan sekitarnya. Disnaker Tangsel akan selalu berupaya untuk memberikan dan memfasilitasi calon tenaga kerja untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai bidang dan minatnya warga," ungkap Purnama.
Purnama menambahkan, Job Fair Tangsel  tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun perusahaan perusahaan yang membuka loker dalam kegiatan ini diantaranya BP3TKI Serang, PT Sinar Sosro, PT Blue Bird, BPR Universal, RS Buah Hati Ciputat, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, PT. Eka Mas Republic, PT. Courts Retail Indonesia dan masih banyak lagi. (Ts/hm)