Mulai Besok, Jalur 10 Stasiun Manggarai Dialihkan

0

Stasiun Manggarai (Foto: Ist)
 Cipasera - VP Corparate Communivations PT KAI, Eva Chairunisa mengatakan dalam siaran persnya, Selasa,21/1/2019, stasiun Manggarai merupakan stasiun sentral pertemuan dari empat arah yaitu Bogor, Bekasi, Tanah Abang, dan Jakarta Kota. Mengingat posisinya yang sentral, stasiun Manggarai terus direvitalisasi  dan akan dikebut pembangunannya.
Masih menurut Eva,  rencananya, stasiun Manggarai akan dibangun menjadi tiga lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh.  

Bila diamati,  pekerjaan revitalisasi stasiun Manggarai saat ini,  masih dalam proses pembangunan khususnya untuk jalur 8, 9, dan 10.

Jalur 8 dan 10, kata Eva,  adalah jalur aktif yang saat ini dikhususkan untuk KRL lintas Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota-Depok/Bogor. Sementara untuk jalur 9 merupakan  jalur yang dikhususkan untuk kereta bandara. 

Mengingat proses revitalisasi stasiun Manggarai sedang dikebut dan  demi keamanan dan keselamatan, mulai, Rabu, 23/1/2019, selama kurang lebih 45 hari ke depan jalur 10 Stasiun Manggarai tidak bisa melayani naik dan turun penumpang. 

"Ini  dikarenakan adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat," ujar Eva,"Dengan penutupan jalur 10 tersebut, maka para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok/Bogor dilayani KRL di jalur 8, 5 dan 4."
    
Selain melayani tujuan Depok/Bogor, di jalur 5,  stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara dan Bogor/Depok-Jakarta Kota. Sedangkan untuk jalur 4 selain melayani KRL tujuan Depok/Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi/Cikarang. 

Penutupan tersebut merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan  antara BTPWJB, PT KAI Daop 1 Jakarta, dan PT KCI.

Saat ini PT KCI ( Kereta Commuter Indonesia)  mengoperasikan 936 perjalanan KRL dengan 71 persen perjalanan di antaranya melintas Stasiun Manggarai. Dan stasiun Manggarai juga dilalui kereta jarak 2 jauh, kereta barang, dan kereta bandara dengan total perjalanan  725 perjalanan kereta per hari.(*)