Selamat Jalan Ria Irawan. Inalilahi Waina Ilaihi Rojiun

0

Ria Irawan
Cipasera - Inalilahi Waina Ilaihi Rojiun. Selamat jalan Ria Irawan, semoga husnul khotimah.

Itulah ucapan belasungkawa yang sejak pagi tadi ramai di media sosial atas meninggalnya   artis film kenamaan Ria Irawan atau   Chandra Ariati Dewi Irawan kelahiran   Jakarta, 24 Juli 1969. Ria meninggal dunia pukul 4.30 di Jakarta.

Mayky Wongkar, suami Ria Irawan saat dihubungi wartawan mengatakan, " Ya benar. Meninggal jam 4 subuh tadi," kata Mayky, Senin 6/1/2019

Ria mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Usai dinyatakan wafat oleh tim dokter, jenazah Ria dibawa pulang ke rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, untuk disemayamkan. Dan saat sampai dirumahnya sejumlah kerabat menyambutnya.

Sakit Kanker
Ria Irawan sudah lama diketahui publik mengidap kanker kelenjar getah bening. Tapi atas kegigihannya berobat dan terapi kemo hingga rambutnya gundul, Ria  dinyatakan sembuh pada 2014.

Seperti karakter riangnya, begitu sehat Ria pun kembali beraktivitas. Dia juga senang bercanda seperti sediakala.

Namun, pada pertengahan 2019, kondisi Ria memburuk kembali. Ia mulai bolak-balik ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

Ria kembali terbaring di rumah sakit karena sel kanker kembali muncul dan menyebar ke organ tubuh lain. Kali ini kanker endometrium.

September 2019, Mayky mengatakan bahwa kanker endometrium atau kanker dinding rahim Ria telah menyebar.

Sel kanker menyebar ke beberapa organ tubuh Ria, seperti kepala dan paru-paru.Massa tumor di bagian kepala menekan saraf Ria Irawan hingga membuat Ria kesulitan bicara dan kehilangan keseimbangan.
Bersama suami Mayky
Karier Ria Irawan 
Ria Irawan mengikuti jejak kedua orang tuanya, aktor  pasangan  Bambang Irawan dan artis Ade Irawan.

Ria terjun ke film dari dasar, sebagai figuran sejumlah film. lahir pada 24 Juli 1969. Namanya terangkat saat main di film Bila Saatnya Tiba. Di film tersebut  dia dapat penghargaan di  Festival Film Indonesia 1986 sebagai Artis Pendukung Terbaik lewat film Bila Saatnya Tiba (1985). Selain itu, dia juga main sinetron. Sinetron yang sempat hits saat ia berperan sebagai Juminten, penjual jamu.  Dan film terakhir yang diperankannya berjudul Kuambil Lagi Hatiku (2019).

Ria sempat pula terjun sebagai penyanyi. Sejumlah album yang pernah dikeluarkannya. Salah satunya   album pop "Sorga Dunia," yang dirilis tahun 1989 dan sukses. (Red/tw)