Eksistensi Pelabuhan Sedau Dipertanyakan Masyarakat



 
Pelabuhan Sedau Yang Mangkrak (foto: Ist)

Cipasera.com – Patut disayangkan, pelabuhan yang dibangun dengan biaya besar tapi tak berfungsi seperti yang diharapkan. Katena itulah sejumlah masyarakat beberapa waktu lalu  meminta pemerintah daerah kembali melakukan evaluasi pengelolaan Pelabuhan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

“Kita tidak tahu kapan, pelabuhan sedau bisa berjalan dengan baik. Sudah bertahun-tahun pelabuhan sedau terbengkalai,” ucap Tokoh Masyarakat Kota Singkawang Rudi Harjana,  seperti pernah dikutip pontianak post.

Dia mengatakan pelabuhan sedau merupakan pembangunan vital yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun keberadaan pelabuhan laut ini tidak dapat dioperasikan dengan baik. Karena masih banyak kekurangan yang perlu dibenahai agar sesuai dengan fungsi dan tujuan dibangunnya pelabuhan sedau di Kecamatan Singkawang Selatan.

Ia menyatakan meskipun pelabuhan sedau sudah diresmikan oleh pemerintah Kota Singkawang. Tetapi masyarakat juga perlu adanya fungsi kontrol terkait jalannya pembangunan maupun jasa transportasi laut yang masih berada di bawah naungan pemerintah Kota Singkawang.

 “Sangat disayangkan potensi Pelabuhan Sedau belum dikelola secara profesional. Karena daerah kita selama ini, belum memiliki pelabuhan berskala nasional. Adapun pelabuhan laut berskala nasional berada di luar daerah Kota Singkawang,” terang Rudi Harjana mantan penerjun bebas/freefall penyelam scuba melihat kondisi pelabuhan Sedau terbengkalai.

Ketua Lembaga Sosial Masyarakat Bahti Nusa Kota Singkawang M Syafiuddin menambahkan mega proyek pelabuhan sedau perlu peninjauan kembali terkait kinerja pelaksanaan pembangunan dilapangan. Dikarenakan aset milik negara ini sudah lama terbengkalai dan belum dioperasikan sesuai dengan fungsi dan tujuan tentang keberadaan pembangunan pelabuhan Sedau di Kecamatan Singkawang Selatan.

 “Kami minta pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk meninjau kembali tentang Pelabuhan Sedau. Karena bangunan pelabuhan Sedau ini sudah menghabiskan anggaran cukup besar dan hingga sekarang belum juga bisa dimanfaatkan demi percepatan pembangunanan secara nasional,” tandasnya.

Dia menyarankan kepada pemerintah daerah agar dapat melanjutkan megaproyek Pelabuhan Sedau. Supaya ada kejelasan dan kepastian tentang tindak lanjut pembangunan tersebut. Sehingga masyarakat sekitar tidak lagi mempertanyakan tentang kelanjutan pembangunan Pelabuhan Sedau, di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. (Red/Pntk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel