17 Narapidana Serang Ikuti Ujian Nasional Paket C

0
Suasana UNBK di Rutan (foto: ist)

Cipasera -  17  warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Serang, Banten ikut UJian Nasional Berbasis Komputer Paket C. Dan semua berlangsung lancar karena sebelumnya sudah mengikuti try out sebanyak tiga kali.

Hal itu diskui Kusnadi (42), salah satu warga binaan yang mengikuti ujian Paket C, "Iya sebelumnya ada pelatihan. Kita belajar dulu," kata warga binaan kasus narkoba itu seperti dikutip Sindo, Jumat (27/4/2018).

Kusnadi sangat antusias ikut ujian untuk mendapat ijazah kesetaraan Paket C. Sebab ia ingin ketika keluar menjalani masa hukuman bisa menggunakan ijazah untuk melamar Pekerjaan.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Serang, Muhamad Kafi mengatakan, untuk menggelar UNBK paket C tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Serang. Sebanyak 22 laptop disiapkan dan tiga orang pengawas dihadirkan. "Ini memang merupakan pengalaman baru bagi warga binaan. Sekarang mereka mengikuti UNBK sebelumnya manual," katanya.

Kafi menambahkan, rata-rata warga binaan yang mengikuti UNBK hari ini adalah warga binaan kasus pencurian dan narkoba. Meski pun dalam proses menjalani hukuman di dalam Rutan, setiap warga negara harus mendapatkan haknya berupa pendidikan.(red/Sindo/*)