Ini Dia 9 Makanan Paling Dicari Di Jogya

0
Sate Klatak 
Cipasera - Jogja selain daerah wisata juga dikenal sebagai daerah kuliner. Ratusan jenis masakan banyak dijajakan di kota pelajar ini. Berikut adalah sembilan kuliner yang pantas dicoba.

1.Bubur Mbak Mila
Ini dia makanan tradisional Jogya yang banyak dicari. Bubur jenang mbak Mila dengan kualitas yang tinggi yang digelar di Pasar Lempuyangan. Cobalah...rasanya wuiiihh....Juga untuk  jadah yang legit dan pulen di Jadah Mbah Carik yang berada di Jl. Astomulyo. Anda dijamin ketagihan.

2.Gudeg Lezat

Yogyakarta indentik dengan gudeg. Tak terhitung banyaknya   penjual gudeg dsini. Namun, khusus yang paling unik dan terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang berada dekat dengan gedung MM UGM Yogyakarta. Tak cuma itu, Anda yang suka wisata kuliner di malam hingga larut bisa mencoba Gudeg Pawon yang merupakan khas pada jam 11 hingga jam 2 pagi. Sentra gudeg ini berada di Jl. Janturan.
3. Bakmi Jawa
Bakmi ini  merupakan salah satu kuliner khas paling dicari. Tidak hanya punya rasa yang gurih tetapi bakmi Jawa pun dimasaknya unik, menggunakan anglo atau tungku yang berasal dari tanah liat. Anda bisa mencoba kuliner ini di beberapa tempat berikut: Bakmi Jawa Mbah Mo, Bakmi Jawa Kadin yang berada di dekat Pakualaman atau Bakmi Jawa Pak Lele dekat dengan Pagar Keraton.
4.Soto Khas Yogyakarta
Anda pasti sudah kenal dengan  soto, namun Anda patut mencoba soto khas Yogyakarta berdiri sejak tahun 1921!: Soto Kadipiro yang berada di Jl. Wates. Soto ayam tak bersantan ramai disantap pada siang hari. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp 8.000/porsinya.
5.Oseng-oseng Mercon
Inilah  masakan super pedas. Lantaran rasanya itu diberi nama Oseng-oseng Mercon yang menawarkan sensasi seperti mercon di mulut Anda! Cobalah Oseng-oseng Mercon Bu Hadi yang berlokasi di Jl. Nyi Ahmad Dahlan.
6. Sego Pecel
Anda yang ingin sarapan Sego Pecel? Datang saja ke Pasar Beringharjo. Di pasar tua ini ada beberapa penjualnya. Salah satunya tak jauh dari pintu barat pasar. Makanan yang seting disingkat SGPC ini bahannya dari  sayur-sayuran yang dicampur bumbu kacang manis pedes. Adapun lauk tambahannya telor ceplok, tahu tempe atau bakwan
7.Sate Klatak
Sate Klatak adalah sate khas Bantul, Jogja. Sate ini  diracik berbeda dengan bumbu  khas, semacam kuah sayur. Cukup 3-5 tusuk sate sudah terasa nendang di perut. Sate klatak banyak ditemukan di daerah pasar Jejeran, Bantul.
8. Bebek Goreng
Bebek goreng merupakan salah satu kuliner yang banyak dicari. Warung Makan Cak Koting yang berada di Jl. Dr. Sutomo merupakan salah satu ikon kuliner yang cukup top. Soal rasa, monggo dicicipi.

9. Brongkos
Makanan ini sering dicari orang karena yang tak tergbarkan. Mungkin karena makanan ini kegemaran raja. Padahal bahannya sederhana, ada kacang tolo dan kaldu ayam. Tapi kalau buat makan pakai nasi heeemmmm....Brongkos banyak dijual di resto dan warung Jawa. Pengin coba? Sila datang ke daerah Ngasem, tak jauh dari Gampingan, Jogja. (Red/ts)