Pemprov Banten Mulai Bangun Stadion, Masyarakat Usul Sekelas Stadion Ol Trafford.

0
Stadion Ol Trafford Inggris. (Foto : Ist)

Cipasera - Kabar Pemerintah Provinsi Banten akan membangun stadion megah, disambut gembira oleh masyarakat, terutama para penggemar bola seperti Laskar Benteng Viola. 

"Salut kalau dibangun. Nanti perserikatan bisa main disana, di stadion milik provinsi," kata Kemal, salah satu anggota Benteng Viola Cipondoh. "Saya doain biar cepat terealisir. Mosok provinsi ga punya stadion."

Hal sama juga diungkapkan Agus Brif, fans viola Tangerang Selatan. "Sudah lama kami menunggu, provinsi bikin stadion biar keren. Jadi nanti liga bisa main di Banten," kata Agus. "Kalau perlu dibangun stadion sekelas Ol Trafford, Inggris. Bikin sekalian yang bagus, jangan sekadar stadion."

Menurut Agus yang warga Pamulang ini, bila Banten punya stadion sekelas Ol Trafford, orang luar Banten akan angkat topi. Sementara, di Banten akan tumbuh spirit kesebelasan jempolan. Sebab perserikatan di Banten akan malu. Stadion bagus tapi kesebelasannya jelek. 

Seperti kita ketahui, Pemprov Banten telah 
menganggarkan dalam RAPBD 2019 sebesar Rp80 miliar untuk melanjutkan pembangunan sarana olahraga atau `sport center`,  yang rencananya akan diawali dengan pembangunan stadion berskala internasional.

"Tahun ini dianggarkan Rp16 miliar untuk pagar dan jalan akses masuk dulu. Tahun depan dianggarkan Rp80 miliar untuk fondasi stadion utama," kata Kepala Dinias Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Banten, HM Yanuar di Serang, Jumat 8/10/18

Menurut Yanuar, pembangunan kawasan sport center seluas 60 hektar tersebut akan dibangun secara bertahap dengan sistem penganggaran `multi years`. Untuk tahap awal pembangunannya dimulai dengan membangun stadion utama yang ditargetkan selesai selama tiga tahun anggaran yakni 2019 sampai 2021.

"Ini membutuhkan waktu yang panjang untuk pembangunan kawasan ini karena luasnya 60 hektare. Tahap awal ini bangun stadion dulu," kata Yanuar.

Setelah dianggarkan Rp80 miliar pada 2019, kata Yanuar, selanjutnya anggaran yang lebih besar direncanakan dalam APBD Banten 2020 sekitar Rp628 miliar untuk pembangunan stadion dan pada 2021 akan dianggarkan sekitar Rp281 untuk menyelesaikan pembangunan stadion utama tersebut.

Pemerintah Provinsi Banten kembali memulai pembangunan pusat olahraga atau Sport Center pada 2018, karena Detail Enginering Design (DED) pembangunan sport center tersebut sudah dibuat sejak 2009.(red/ts/ant)