40 Gempa Susulan Terjadi di Maluku

0
peta gempa di Halmahera

Cipasera - Setelah sore tadi Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku diguncang gempa (Lindu) berkekuatan berkekuatan 7,2 magnitudo, lindu susulan Minggu (14/7) malam tadi terjadi intensif membuat was - was masyarakat.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, hingga pukul 21.00 WIB, sudah terjadi 40 gempa susulan. Guncangan lanjutan itu mencapai 5,8 magnitudo.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rachmat Triyono dalam keterangan tertulisnya menyatakan, hasil monitoring BMKG menunjukkan 40 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M=5.8 dan magnitudo terkecil M=3.1. 27 gempa di antaranya dirasakan di daerah terdekat, khususnya daerah Labuha.

Mengenai gempa 7,2 magnitudo sebelumnya, berpusat di 63 kilometer dari Kota Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Selatan. Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer.

Menurut menambahkan, gempa ini terjadi akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan. Fenomena ini terjadi dikarenakan ada deformasi batuan dengan pergerakan dari sesar mendatar.

Guncangan terasa di Obi, Labuha, Manado, Ambon, Ternate, Namlea, Gorontalo, Raja Ampat, Sorong, dan Bolaang Mongondow. Dilaporkan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut di Kecamatan Gene Barat Halmahera Selatan. (Red/ts/kmr)
rumah warga rusak akibat gempa