3000 Mahasiswa UIN, UMJ dan Umpam Tangsel Konvoi Ke DPR.

0
Mahasiswa Umpam demo DPR RI hari ini (Foto: tw)
Cipasera - Puluhan ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta, termasuk dari Universitas Pamulang, UIN Ciputat dan UMJ Cirendeu, Ciputat  merangsek ke Gedung DPR/ MPR RI, Selasa 24/9/2019.

Demo ini kelanjutan dari demo hari kemarin yang memimta pencabutan RUU Revisi KUHP, Undang - Undan Revisi KPK, RUU Minerba dan lain sebagainya.

Dari pantauan  cipasera.com, tiga universitas dari Tangerang Selatan yakni, UIN Syatif Hidayatulah, Universitas Muhamadyah Cirendeu, Ciputat dan Umpam, Pamulang datang dengan konvoi sepeda motor hingga 1 KM. Konvoi melalui Jalan Arteri Pondok Indah hingga Gedung Manggala Wanabakti Palmerah.  Konvoi sepeda motor UIN, UMJ dan Umpam tiba di depan stasiun Palmerah sekira pukul 15.00.

Menurut Iqbal, mahasiswa fak Hukum Umpam, kampusnya mengirim sekira 2000 mahasiswa reguler dan kelas extension. Sekira 1200 orang naik sepeda motor konvoi dan sisanya kendaraan umum.

"Kami berangkat dari kampus Umpam pukul 12.30. Dalam perjalanan, bergabung mahasiswa UIN dan UMJ Cirendeu. Lalu kami konvoi ke DPR, "kata Iqbal kepada cipasera.com. "Dari gabungan itu, konvoi diikuti sekira 1400 motor. Jadi panjang konvoinya."

Menurut Ajuna, Mahasiswa UIN, pihaknya memang kompak dalam demo pencabutan lima RUU yang bermasalah.

"Kami satu suara, mahasiswa tidak mau RUU yang menindas rakyat. Kami ingin juga reformasi dimurnikan," kata Ajuna dari Fak Sastra.

Demo Memanas.

Mahasiswa yang terkonsentrasi di depan pintu Gerbang DPRRI melakukan orasi dan meneriakan yel - yel, DPR telah mati. Lemparan botol air mineral mulai ramai. Sementara pintu gerbang dijaga dua mobil Bariakade di kanan - kirinya. Alhasil mahasiswa tak bisa menyentuh gerbang.

Suasana pun memanas. Pukul 16.10 polisi mulai menyemprotkan air. Tak lama disusul polisi anti huru hara menembakan gas air mata. Selama lebih 40 menit mahasiswa dipukul mundur dengan gas air mata. Demikian kosentrasi masa yang berada di tol depan Gedung DPR.

Barisan mahasiswa  Universitas Trisakti  yang datang sekira pukul 16.30 terhambat di fly over Slipi. Sementara, mahasiswa Yarsi berhasil merangsek ke area pintu gerbang. Tapi dihalau dengan tembakan gas air mata.

Pukul 18.00 mahasiswa mulai berangsur surut. Tapi sebagian berkonsentrasi di bawah fly over Slipi. (TW)