Calon Yang Didukung Amien Rais Keok. Zulkifli Hasan Menang Telak

0
Zulhas (foto: Ist)
Cipasera - Meski diwarnai kericuhan, namun Kongres PAN V di Kendari berhasil menyelenggarakan pemilihan ketua. Dan dalam agenda pemilihan yang dimajukan tersebut,  Zulkifli Hasan berhasil memperpanjang kepemimpinannya,  dengan perolehan 331 suara. Sementara rival beratnya  Muhfahri  memperoleh 225, sementara Drajad Wibowo hanya dapat 6 suara.

Pemilihan dengan suasana tegang itu berlangsung di  Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Dan perhitungan berakhir, pada pukul 19.45.

Sebenarnya agenda pemilihan Ketua masuk agenda pembahasan ke 6 yang akan dibahas Rabu, 12/2/2020. Namun lantaran situasi kericuhan, agenda dimajukan dengan mengubah tata tertib sidang. Peserta pun menyetujui. Sesaat sebelum pemilihan, Asman Abnur mantan Menteri Aparatur Negara RB - PAN mengundurkan diri dan kabarnya suaranya diberikan ke Zulkifli Hasan.

Mengenai kistuh Kisruh Kongres PAN V di Kendari, sebelumnya  Zulkifli Hasan mengatakan, itu dipicu dari keikutsertaan DPW Maluku dan Maluku Utara. Namun, hal tersebut bisa diredam ketika, Zulkifli Hasan naik podium dan meminta peserta kongres untuk tertib dan teratur.

“Stop, stop, peserta harus hargai Kongres PAN yang suci ini,” ujar Zulkifli Hasan, saat menenangkan massa.

Sementara politisi muda PAN  Slamet Ariyadi  yang ikut  Kongres mengatakan,   jika Kongres PAN V sudah selesai dan resmi ketua umum DPP PAN periode 2020-2025 adalah Zulkifli Hasan.

“Kisruh? Itu dinamika Kongres, tidak ada yang kisruh. Yang lempar kursi itu oknum. Dan kini sudah kondusif,” ujar Slamet Ariyadi.

Dengan terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2020-2025 yang sah, dengan demikian calon yang didukung Amien Rais, Muchfakri kalah telak 76 suara. (Red/ji)