1000 Mahasiswa Dilepas KKN di Serang. Wagub Minta Ekonomi Digital Ditumbuhkan

Andika dan peserta KKN

Cipasera -  Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Prima Graha (UPG) dilepas Wagub Andika Hasrumy  di Halaman Pendopo Bupati Serang, Jalan Veteran, Kota Serang, Rabu (11/5). 

Dalam sambutannya Andika meminta mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat di Kabupaten Serang dalam melaksanakan KKN yang diberi nama Pengabdian Masyarakat UPG 2022 itu mendorong tumbuhnya ekonomi digital.

"Saya berharap agar pada pelaksanaan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Isu-isu seputar platform digital dan mobile broadband yang semakin berkembang masif untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai daya dukung dalam perkembangan ekonomi digital," kata Andika.

Diterangkan Andika, hasil riset Hootsuite dan We Are Sosial dari total keseluruhan masyarakat Indonesia sebanyak 274,9 juta orang, persentase pengguna internet Indonesia jangkau 73,7 persen. Sementara untuk jumlah pengguna internet dari perangkat smartphone di Indonesia, riset mencatat ada 345,3 juta orang yang menggunakan perangkat tersebut. "Angka ini mencakup persentase hingga 125,6 persen dari total keseluruhan populasi," ujarnya.

Data tersebut, lanjutnya, menunjukkan bahwa sekurangnya 30 persen dari total penduduk menggunakan sedikitnya 2 perangkat smartphone yang terakses dengan internet. Untuk itu, kata dia, literasi digital dan pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi digital agar dapat diberikan kepada masyarakat melalui program pengabdian masyarakat Universitas Primagraha.

Lebih jauh Andika mengatakan, sebagaimana amanat Tridarma Perguruan Tinggi, kegiatan pengabdian masyarakat UPG diharapkan dapat menggerakkan masyarakat dalam pembangunan melalui berbagai kegiatan yang dapat melibatkan, mengikutsertakan dan menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap pembangunan di Provinsi Banten.

Sementara itu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga berpesan dalam sambutannya agar para mahasiswa peserta KKN dapat membantu masyarakat Kabupaten Serang terkait pemahaman akan kesehatan dan pendidikan. "Kesadaran akan kebersihan kaitannya dengan kesehatan dan juga kesadaran akan pentingnya pendidikan, saya berharap hal itu juga bisa disebarkan para mahasiswa nantinya pada saat KKN nanti," kata Tatu.(red/*)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel