Desa Ketapang Tangerang Dijadikan Contoh Kelola Pesisir

    Zaki dan Menteri LH saat acara

Cipasera - Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 yang dihelat di hotel Gading  Kab Tangerang, Banten  dihadiri sejumlah negara, Rabu  26/10/22. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar yang hadir dalsm event ini mengatakan,  kegiatan tersebut sebagai upaya  melakukan pengelolaan secara terpadu pada wilayah pesisir pantai. "Saya kira agenda ini sangat penting," katanya. 

Pada kesempatan itu, dirinya juga menuturkan pentingnya mendorong konsep blue economy (ekonomi biru), lantaran hal itu menjadi tantangan dimasa depan. Diketahui, konsep ekonomi biru itu sendiri juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan penguatan ekosistem laut. 

Sementara menurut Pj Gubernur Banten Al Muktabar,  acara ini   kerjasama antar 11 negara yang akan bertukar informasi, kemudian melakukan riset dan beberapa hal yang berkaitan dengan kawasan pantai dari masing-masing negara yang tadi tergabung. 

Ditambahkan Muktabar, kegiatan tersebut juga sebagai upaya menguatkan pemberdayaan dan mencarikan sebuah solusi atas dampak lingkungan untuk dapat tetap menjaga tata kelola kawasan pesisir. 

"Kita harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian maka dalam tata kelola itu kita perlu mengarahkan agenda untuk go green dan pemanfaatan sumberdaya yang ada," katanya

Diketahui, Desa Ketapang yang berada di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang menjadi lokasi utama dalam agenda PNLG Meeting Summit 2022 dan menjadi lokasi percontohan khususnya bagi negara-negara anggota.

Al Muktabar mengatakan Desa Ketapang dapat dijadikan  percontohan dalam melakukan tata kelola wilayah pesisir.  “Karena ini dilakukan secara prototipe dan modeling. Jadi kita bisa mereplikasi pola ini dengan berbagai daerah," imbuhnya. 

Ditempat yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga Wakil Presiden PNLG berharap kegiatan tersebut  dijadikan tempat bertukar informasi, pengalaman dan pembelajaran terkait pembangunan kawasan-kawasan pesisir pantai. 

"Ini bisa menjadi pertukaran informasi, pengalaman, dan pelajaran terkait pembangunan kawasan-kawasan pesisir pantai," ujarnya. 

Kegiatan Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 dibuka Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar. PNLG Meeting Summit 2022 akan berlangsung pada 26 hingga 29 Oktober 2022. Salah satu agendanya adalah kunjungan lapangan ke Ketapang Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.(Ris/red)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel