Sambut Mudik, Tujuh Dermaga Pelabuhan Merak Dioptimalkan. 136 CCTV Dipasang, Parkiran 5000 Kendaraan

     Salah satu dermaga P Merak

Cipasera - Satu dermaga eksekutif dan enam dermaga reguler Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten dioptimalkan dalam  angkutan penyeberangan mudik lebaran 2023.

Hal itu diungkapkan  General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Suharto seperti dikutip Antara di Merak, Senin, 3/4/2023.

Pengelola operasi Pelabuhan Merak saat ini  bisa menampung lahan parkir 5.000 unit kendaraan dari sebelumnya 4.000 unit/hari

Untuk itu, sarana prasarana dan fasilitas pelabuhan sedang dilakukan pembangunan infrastruktur lahan parkir.

"Kami menargetkan sarana prasarana dan fasilitas pelabuhan ditargetkan bisa beroperasi pada angkutan layanan mudik lebaran tahun ini," kata Suharto.

Suharto menambahkan,  Pelabuhan Merak telah memasang sebanyak 136 unit closed circuit television (CCTV) atau kamera pengintai untuk mengawasi seluruh kegiatan yang ada di kawasan tersebut.

Jumlah kamera pemantau CCTV tersebut tidak tertutup kemungkinan dilakukan penambahan di sejumlah lokasi di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Pemasangan CCTV itu bertujuannya untuk mengawasi seluruh kegiatan yang terjadi di area dermaga, mulai dari dermaga eksekutif hingga dermaga reguler.

Disamping itu pemasangan kamera CCTV dapat dipantau langsung melalui gadget yang dilakukan tak hanya untuk melihat kepadatan kendaraan penumpang yang arus mudik, tetapi juga guna mengawasi titik rawan kejahatan yang berpotensi terjadi di area pelabuhan.

Kamera pengintai itu dipasang mulai dari pintu masuk Pelabuhan Merak,lahan parkir, pejalan kaki, kendaraan dan area dermaga yang mengarah ke setiap dermaga di Pelabuhan Merak.

"Kami tetap akan menambah pemasangan kamera CCTV setelah petugas melakukan pemantauan di lapangan," kata Suharto.

Soal tiket penyebrangan, ua mengatakan, pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan, pembelian tiketnya tetap melalui online ticketing Ferizy.

Saat ini, sedang dilakukan beberapa fitur dan proses baru pada e-ticketing online ferizy, dimana salah satunya untuk layanan reservasi online untuk Lintasan Ciwandan- Panjang dan Ciwandan-Bakauheni.

Namun, waktu implementasi ( Go Live ) masih menunggu kepastian jadwal operasi kapal, jenis golongan dan periode waktu pengalihan golongan dari Kementrian Perhubungan.

"Kita yang jelas penjualan e-ticketing online ferizy dan tidak melayani loket di pelabuhan,"katanya. (Red/ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel