33 Marinir Dari Banten Akan Jaga Empat Pulau Terluar. Dilengkapi Kapal Perang

    Saat diberangkatkan


Cipasera - 33 personel  regu Aju  Batalyon Infanteri 1 Marinir yang akan menjaga Pulau Terluar (Puter) tak berpenghuni Pulau Deli diberangkatkan  di Pendopo Gubernur Banten,  Kota Serang, Selasa 13/6/2023.

Kolonel (Mar) Isna Muhsin Abdilah Komandan Brigade Infanteri 1/Marinir  mewakili Komandan Pasmar 1 mengatakan, para prajurit yang ditugaskan akan dipusatkan di Pulau Deli. Selama  satu tahun mereka akan melakukan misi pengamanan.

Isna menambahksn, selain pengamanan pulau Deli, ada empat pulau terluar lainnya yang dibawah jajaran kolakops Pam Puter Pasmar 1 yang menjadi wilayah tugas pengamanan Korps Marinir TNI AL,  yakni Pulau Rondo, Pulau Berhala, Pulau Nipah dan Pulau Sekatung.

Isna yang juga  didampingi oleh Komandan pangkalan TNI AL (Lanal) Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin menegaskan, untuk pelaksanaan patroli rutin menggunakan kapal perang unsur KRI dari Koarmada 1 dan Lanal Banten.

Senentara Pj Gubernur Banten mengungkapkan, Pulau-pulau terluar sekaligus terdepan itu harus dijaga dengan baik. Kita pastikan tidak ada sejengkal tanah pun di wilayah Indonesia ini yang berpindah tangan, berpindah penguasaan dan kemanfaatan. 

"Maka dari itu, kita harus jaga dan lindungi betul,” kata Al Muktabar. (Red/*)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel