Membludak Penonton Film Penghianatan G 30 S PKI

0
Ribuan orang nobar Film Penghianatan G 30 S PKI.

Cipasera.com - Tanpa diduga, masyarakat ternyata sangat antusias nonton film Penghianatan G 30 S PKI. Setelah di Cijantung, ribuan warga juga memenuhi lapangan Makodam XII/Tanjungpura, Kalimantan Barat untuk menyaksikan secara bersama penayangan film berdurasi 3 jam lebih itu, Jumat (22/9/2017). 

Film diputar pukul 19.40. Sebelum film diputar, Kependam XII/Tpr Kolonel Inf Tri Rana Subekti mengumumkan bahwa penayangan film G30S/PKI akan diputar sampai dengan tanggal 30 September 2017 setiap malam libur.

Malam tadi tampak ribuan masyarakat memenuhi seluruh ruang di lapangan Makodam. Suasana begitu akrab dan menyenangkan.

Saat adegan penculikan para jendral, penonton khusu memperhatikan. Mereka tidak bercakap cakap. Dan penonton tampak sedih saat para jendral dtembak dan dimasukan ke sumur di Lubang Buaya. Alhasil, meski filmnya cukup panjang penonton tak beranjak. Mereka nonton sampai selesai.

Hal sama terlihat pula saat  nonton bareng yang digelar di Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cijantung, Jakarta Timur, Rabu malam (20/9).

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan, nonton bareng  (nobar) yang dilaksanakan mulai jam 19.30 tersebut, diawali dengan pemutaran film profil sejarah Kopassus untuk mengingatkan kembali kepada keluarga besar prajurit Kopassus akan jasa dan prestasi pengabdian para pendahulu yang telah membesarkan satuan Kopassus.

Aster Danjen Kopassus, Letkol Inf Ferry Irawan menjelaskan bahwa pemutaran film yg disutradarai Arifin C.Noor  tersebut ditujukan kepada para prajurit dan PNS beserta keluarganya agar warga besar Kopassus memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada peristiwa G30S/PKI tanggal 30 September 1965 , sebagaimana disampaikan oleh Panglima TNI. 

"Mulai malam ini sampai dengan tanggal 30 September nanti, satuan jajaran Kopassus akan menggelar Nobar di lingkungan Markas Satuan Kopassus. Puncaknya nanti semua satuan tersebut akan menggelar Nobar pada hari Sabtu, tanggal 30 September 2017, jam 19.30 Wib di daerah masing-masing," kata Ferry.

Nobar ini mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar Cijantung yang menyaksikan pada sepanjang pagar luar di Lapangan Gatot Soebroto. 

Melihat antusiasme masyarakat yang menyaksikan Nobar tersebut, Kopassus membuka pagar lapangan dan mempersilahkan masyarakat untuk menyaksikan bersama.(red/t/ant)