Jumlah Bank Sampah di RW Perlu Ditingkatkan

0
Sampah "terciduk". (Foto: Ist)

Cipasera.com - Ketidakdisiplinan masyarakat Tangsel masih terlihat dalam soal membuang sampah. Tak heran, di sejumlah titik area masih dijadikan pembuangan. Akibatnya pemandangan tak sedap dan bau masih terjadi di tempat tertentu, diantaranya di bawah fly over Ciputat, pertigaan Rumah Tingal, Jombang dan lain lain.

"Petugas sudah datang membersihkan tapi masyarakat masih terus saja membuang di titik tersebut. Seperti di pertigaan rumah Tingal, bawah fly over Ciputat dan Cimanggis,"kata Miswan Syah, Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup kepada cipasera.com, Selasa, 19/12/2017. "Petugas sering kerepotan, sampah diambil pagi, jam 12.00 sudah numpuk lagi. Diambil lagi, kemudian numpuk lagi."

Miswan selanjutnya mengatakan,  ketidakdisiplinan dalam buang sampah  sembarangan karena warga tak punya TPPS (Tempat pembuangan sampah sementara). Untuk itu perlu terus diupayakan adanya bank sampah satu RW satu bank sampah. "Kalau perlu ditingkatkan lagi jumlah bank sampah tiap RW," kata Miswan.

Miswan  juga mengaku, pihaknya sudah sering mengadakan sosialisasi lingkungan bersih namun masyarakat masih ada saja yang bandel.

"Kita memilih edukasi saja dalam menangani yang bandel. Kalau ditegakan dengan aturan yang ada di Perda, belum. Ada pertimbangan tertentu,' kata Nissan.(red/t)