Sudah Setahun Pria Baya Ini Bersepeda Keliling Indonesia.

0
Darmin dan sepedanya (foto: Ist)
Cipasera - Meski sudah berumur, keinginannya menjelajah Indonesia tak pernah mati. Sebab Indonesia adalah negeri yang permai. Dan kebetulan, ia punya nadzar sesuai kecelakaan mobil. 
Maka hanya berbekal sepeda ontel dan uang Rp 130 ribu ia berangkat mengelilingi Indonesia.  Itulah Darmin, Pria berusia  44 tahun asal Bedeng Satu, Desa Sinar Pasma, Kecamatan Candi Purau, Kabupaten Kalianda, Lampung Selatan ini.
Kini  Darmin sudah sampai di  18 Provinsi  dalam kurun waktu 1 tahun 17 hari. Sekarang Darmin telah sampai di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Selama perjalanan ribuan kilo meter itu, berbagai kendala ia lalui selama mengayuh sepeda ontel miliknya. Tak hanya teriknya matahari dan dinginnya hujan, namun juga  kelaparan di tengah hutan. Sepeda bocor, rantai putus dan lain lain. 
“Kendalanya kalau sepeda rusak, ban bocor, rantai putus. Saya pernah kelaparan di Kalimantan, saya menemukan ular piton, saya tangkap dan membakarnya untuk memakannya," kata Darmin.
Keinginan Darmin untuk mengelilingi Indonesia muncul atas kekaguman terhadap Indonesia. Lantas  pada saat dirinya mengalami kecelakaan mobil, sewaktu menjalani proses penyembuhan drinya hanya bisa terbaring dan menonton TV.
Dari situlah  muncul niaan Darmin bila sembuh, dirinya akan berkeliling Indonesia dengan menggunakan sepeda ontel miliknya. Semacam nazar. 
” Tahun 2008 saya bawa mobil dan kecelakaan, Kaki  patah. Lalu empat tahun kemudian sembuh. Selama terbaring sakit hanya bisa nonton televisi. Nah dari situ  saya berkeinginan kalau saya sembuh keliling Indonesia mengunakan sepeda ontel,” ungkap Darmin saat singgah di Kantor Bupati Muna, beberapa hari lalu.
Dengan nada optimis, Darmin mengatakan setahun lagi, petualangannya akan berackhir. "Doakan saya diberi kelancaran di perjalanan," kata Darmin kepada wartawan, seraya melambaikan tangan  untuk menuju Kota Baubau, Wakatobi, Gorontalo, Manado dan Maluku. (Red/ts/antimes)