Komunitas Koperasi di Tangsel Siap Daftar NIK

0

Anggota koperasi siap bikin NIK
Cipasera - Masyarakat koperasi Tangerang Selatan ( Tangsel) menyambut ajakan Plt Dinas Koperasi dan UKM  Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), agar pengurus   membuat  Nomor Induk Koperasi (NIK) di Kementrian Koperasi.

"InsyaAllah saya segera mendaftar. Apalagi kemarin sudah ikut bimtek. Jadi sudah tahu cara dan suaranya," Kata Makmun, Sabtu 2/3/2919. "Senin kita akan rombongan ke Kementrian koperasi."

Makmun menambah, NIK  bagi pengurus dan koperasi sangat penting bagi dirinya. Dengan nama tersebut berarti koperasinya  legal. Jika ada sesuatu pasti dihubungi oleh Dinkop Tangsel.

Hal tersebut juga dikatakan sejumlah pengurus koperasi yang dihubungi cipasera.com. "Sekarang ini eranya, era digital. Kita harus ikuti. Yang baik kita ikuti. Yang jelek kita buang,"kata Asrinah, pengurus koperasi Makmur.

Menurut Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan Dahlia Nadeak saat Bimtek NIK di Serpong mengatakan, sebaiknya seluruh pengurus koperasi untuk segera membuat Nomer Induk Kependudukan (NIK) secara online.

"Setelah terdaftar menjadi tanda bukti bagi pengurus untuk diakui oleh pemerintah,"kata Dahlia Nadeak, yang juga dokter gigi ini.

Program NIK dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah untuk menyusun sistem pendataan koperasi nasional, yang memungkinkan koperasi dapat memiliki lebih dari satu identitas.

“Melalui Program Reformasi Total Koperasi, salah satu tahapannya yaitu Rehabilitasi Koperasi yang pada hakikatnya adalah penataan data Koperasi.Maka secara operasional telah digulirkan dengan program Pemberian Nomor Induk Koperasi (NIK),” katanya.

Masih menurut Nadeak,  dengan dimilikinya NIK , maka hal itu akan memberikan manfaat baik bagi koperasi maupun pemerintah. Secara substansial dan mendasar penerbitan NIK-Koperasi mempunyai tiga fungsi yakni konfirmasi, klarisifikasi, dan kolaborasi.

"NIK merupakan alat konfirmasi status koperasi dalam rangka sinkronisasi data koperasi aktif dari database sebagai indikasi aktif dengan data koperasi yang ada di lapangan,” ujarnya.

Dahlia berharap,  pengurus koperasi di Tangsel menjadi,  koperasi - koperasi yang sehat, berkualitas, dan bisa terjaga dengan baik, sehingga Kota Tangsel segera menjadi Kota Koperasi.(ed,ts/NNI.com)

"