Aksi Demo 22 Mei Depan Bawaslu Bertahan Hingga 21.20

0
Demo depan Bawaslu 22/5/2019

Cipasera - Aksi demo Kedaulatan Rakyat tetap digelar Rabu, 22/5/2019 di depan gedung Bawaslu Jln Thamrin, Jakarta Pusat sebagai lanjutan aksi Selasa 21/5/2019.

Pantauan cipasera.com di lapangan, jelang Mahgrib sejumlah tokoh dari berbagai elemen masyarakat orasi di atas mobil komando yang letaknya di depan gedung Bawaslu. Mereka yang berpidato singkat antara lain, ustadz dari Aceh, Emak Emak dari Jawa Barat, BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa, juga Amien Rais, tokoh reformasi 98.

Setelah berbuka puasa, para demontran kembali beraksi. Tapi tidak ada sholat tarawih.

Sempat terjadi bakar - bakar sampah di jalan samping gedung Bawaslu dan massa diminta  mundur ke arah Tanah Abang oleh korlap aksi 22 Mei lewat pengeras suara.

Sekira pukul  20.15 WIB tembakan gas air mata untuk membubarkan para pendemo. Namun demontran terus bertahan sambil menyanyikan salawat badar. Sementara mobil ambulans Darussalam, Dompet Dhuafa, Muhamadyah dan hilir mudik mengangkut korban gas air mata dibawa ke rumah sakit terdekat. Tapi belum diketahui jumlah korbannya.

"Mereka (para korban)  dibawa ke RS Tarakan dan Budikemulyaan," kata seorang petugas PMI kepada cipasera.com, Rabu 22/5/2019. "Kalau darurat SOP ke rumah sakit terdekat."

Intensitas tembakan gas air mata makin tinggi hingga jelang pukul 21.10. Dan para pendemo berhasil dipukul mundur. Dan sesaat kemudian  pendemo berangsur - angsur meninggalkan Bawaslu. (tw)