Aplikasi SIMANJA TANGSEL Inovasi Layanan Pengaduan



SIMANJA jadi juara II. Imanudin, Penggagasnya no 2 dari kiri. (Foto: Ist)

 Masyarakat Kota Tangsel sekarang tak perlu repot bila ingin mengirim saran dan pengaduan soal jalan raya dan drainase yang terjadi kota Tangsel. Mengapa tidak, bagi masyarakat yang memiliki hand phone android cukup klik aplikasi SIMANJA Tangsel, semua saran dan aduan bisa terkirim  dan akan cepat ditindaklanjuti.

Aplikasi SIMANJA (Sistem Managemen Jalan Kota dan Strategis Kota)  memang merupakan aplikasi layanan publik yang dihadirkan  Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) kota Tangsel. Aplikasi  ini sudah didaftarkan di Google Playstore sehingga mudah diakses. Dan siapa saja bisa mengunduh aplikasi yang digagas oleh Imanudin,  Kasi Data dan Informasi  DBMSDA Kota Tangsel ini.

SIMANJA silakan klik
 Imanudin menjelaskan, ada tiga jalur Layanan Pengaduan yang bisa dipilih masyarakat. Antara lain, melalui SMS (Short Message Service), via telepon ataupun melalui email. Caranya pun mudah, masyarakat tinggal menekan salah satu dari tiga jalur Layanan itu untuk melakukan pengaduan.

“Layanan Pengaduan ini terkoneksi langsung dengan pimpinan kami. Jadi bisa langsung ditindaklanjuti,” kata  Imanudin menjelaskan.

Bukan cuma itu, bagi masyarakat yang ingin mencari informasi tentang Jalan Kota dan Jalan Strategis Kota bisa meng-klik di aplikasi dengan judul SIMANJA TANGSEL ini.

Retno Prawati, Kepala DBMSDA Kota Tangsel mengatakan, pihaknya  ingin terus mengembangkan pelayanan publik agar masyarakat terlayani dengan optimal. Dan mengingat teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat Tangsel, maka aplikasi digital menjadi pilihan layanan pengaduan..

“Kami berharap  SIMANJA  dapat menjadi media penghubung dan  sumber informasi bagi yang membutuhkan, mulai dari stakeholder maupun bagi pengguna serta DBSDA,” ujar Retno Prawati.

Di Provinsi Banten SIMANJA mendapat apresiasi masyarakat dan pemerintah. Akhir Mei lalu SIMANJA menyabet Juara II dalam Pameran dan Lomba Inovasi  Proyek  Perubahan yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Provinsi Banten.

“Alhamdulilah SIMANJA diapresiasi. Meski dapat apresiasi, SIMANJA akan terus dikembangkan sesuai perkembangan masyarakat,” kata Imanudin usai menerima tropy. Bagi yang ingin mengunduh Aplikasi SIMANJA, silakan kunjungi dan klik link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ops.qreader (TS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel