Harga Daging Membumbung di Ciputat dan BSD


Daging sapi di pasar membumbung harganya. (foto :Ist).

 Meski  pembeli  daging sapi tak seramai sehari menjelang puasa, harga daging sapi tetap tinggi di Pasar Ciputat dan BSD Kota Tangsel. Hal ini dikarenakan tidak ada operasi pasar dengan harga murah dari pemerintah. Tak seperti yang terjadi di Pasar Anyar, Kabupaten  Tangerang. Begitu ada operasi pasar harga pun turun. Walau turunya tak seberapa.  

Pantauan cipasera.com di pasar Ciputat , harga daging sapi lokal   bertahan diharga Rp 125 – Rp 135 ribu. Harga tersebut  tergantung  kualitas daging. Kualitas top mencapai Rp 135 ribu, bahkan bisa tembus 140 ribu. Kualitas top adalah daging berasal dari sapi NTT dan sapi masih muda umur  dua tahun. Tak jauh beda dengan harga Pasar Modern BSD. Harganya sama dengan harga di Ciputat.

“Baranglah yang menentukan harga. Tapi yang banyak diserbu pembeli harga 125 ribu. Kalau daging import dikisar Rp 90 ribu,” kata Dadang, pedagang daging di Pasar Ciputat. “Kalau daging import itu kan “daging beku”. Daging yang umurnya sudah sebulan. Jadi harganya ‘di bawah’,” tambah Dadang.

Dadang menyebut, tingginya harga daging dikarenakan agen juga menetapkan harga tinggi. Otomatis pengecer pun menaikan harga demi keuntungan. “Pedagang tak bisa disalahkan  kalau daging harganya tinggi, Pak. Dari rumah potong juga sudah tinggi. Kalau saya tak menaikan,  untungnya apa dong?” sergah Dadang kepada cipasera.com kemarin siang.

Sejatinya, Dadang lebih suka  harga daging murah. Dengan harga rendah pembeli makin banyak. Tapi kalau melambung, konsumen berkurang. “Mereka lebih memilih daging ayam yang murah meriah,” ungkap pedagang  asal Garut ini. Dan ia tak yakin pemerintah  bisa menurunkan harga daging hingga lebaran nanti. “Yang bisa turun harga daging beku, daging import. Daging lokal tidak,” katanya.
 
Dengan tingginya harga daging sapi banyak masyarakat yang beralih ke daging ayam, telur dan ikan air tawar untuk lauk pauk makan. Akibatnya harga komoditi itupun naik  dikisaran 10%. Harga daging ayam yang biasanya Rp 28 ribu menjadi Rp 32 ribu.  (SA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel