Sensus KTP Cegah Kecurangan Calon Independen












Foto Ilustrasi sebuah KTP. (Foto: Ist)
 Jakarta - Anggota Komisi II DPR RI, Hetifah Sjaifuddin mengatakan, salah satu modus calon independen dalam mengumpulkan KTP adalah mengambil dari kantor imigrasi dan tempat kredit motor.

"Dia ngambil dari imigrasi atau di tempat kredit motor. Orang tidak benar-benar sadar dia memberikan sokongannya ke calon. Kita ingin meminta kepastian itu," kata Hetifah di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (06/06/2016).

Oleh karena itu, perlu dilakukan sensus KTP untuk mengetahui jumlah dukungan bagi calon independen.

"Problem utama bagaimana menjamin penyelenggara pemilu melakukan verifikasi yang baik. Selama ini calon independen bisa buat memecah calon yang bagus. Jangan sampai ada Boneka calon independen," kata dia.

Adapun sensus KTP terhadap calon independen akan dimulai dari kelurahan. "Prinsipnya keterbukaan. Untuk memperbaiki legitimasi," kata Hetifah.

Belum ada tanggapan dari  Basuki Tjahaya Punama alias Ahok, orang yang akan maju sebagai independent di Pilgub Jakarta. Demikian tim Teman Ahok juga belum komentar. Ahok dan Teman Ahok sudah lama diminta transparan dalam pengumpulan KTP sebagai bukti dukungan.  
 (Yp/NusaNews/rn)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel