Jalan Bintaro Malam Ini Ditutup, Gedung Panin Dirubuhkan


Gedung Panin Bintaro.

Kepolisian Tangsel menutup beberapa ruas jalan dan memperluas daerah bahaya di daerah Bintaro  Jumat, (14/9) mulai jam 22.00 malam ini. Sebab perobohan Gedung Panin setinggi 86 m akan dilakukan  malam ini sekitar jam 22.15.

 Beberapa jalan utama di sekitar Bintaro Sektor 7, terutama yang menuju gedung Panin di Jalan Boulevard Bintaro Jaya ditutup untuk umum hingga besok jam 07.00. Selama proses perobohan gedung setinggi 86 meter itu, masyarakat dilarang  menonton berkerumun terlalu dekat dengan gedung.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Lalu Hedwin Hanggara, Rabu (12/10), mengatakan, beberapa jalan yang ditutup total adalah Jalan Boulevard Binatro Jaya mulai dari Mal Bintaro Jaya Xchange hingga kantor Bank BCA. Selain itu, Jalan Bintaro Utama 9 mulai dari Pasar Modern Bintaro juga ditutup hingga Jalan Muhammad Husni Thamrin arah Taman Menteng.

Jalur alternatif Jalan Tegal Rotan Raya di belakang gedung Panin  itu juga akan ditutup. Lalu mengatakan, akan ada petugas yang disiagakan untuk mengarahkan pengalihan arus lalu lintas.

Pengendara yang keluar dari tol arah Jakarta ataupun BSD akan dialihkan ke kompleks Menteng Bintaro.  Kendaraan besar, seperti truk, dengan tinggi lebih dari 3,5 meter, dilarang memasuki kawasan sama sekali.

Kepala Bagian Operasional Polres Tangsel Komisaris Hadi Supriyatna mengatakan, karena animo masyarakat tinggi untuk menonton perobohan, pihaknya memutuskan radius penutupan jalan diperluas. Sebelumnya hanya satu jalur di jalan layang Boulevard Bintaro yang akan ditutup. Namun, akhirnya diputuskan dua jalur ditutup semua.


Menurut Lalu Hedwin, Polisi  mengimbau masyarakat untuk sedapat mungkin menjauh dari lokasi gedung karena risiko yang besar. Debunya  bisa sangat mengganggu.

Manajer Proyek PT Wahana Infonusa Ari Yudanto mengungkapkan, selain dengan polisi, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangsel untuk pengamanan lingkungan sekitar.

Secara teknis, untuk meredam getaran, telah dibuat parit sedalam 1 meter di sekeliling gedung. Diharapkan getaran yang terjadi saat bangunan runtuh tak berdampak besar ke sekitarnya.

Selain getaran, dampak lain yang diantisipasi adalah sebaran debu. Ari mengatakan, 14 titik penyemprot air disiagakan di sekitar gedung untuk segera menyemprotkan air ketika gedung runtuh. (Ts/Kmp)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel