Tangsel Raih Swasti Saba Wiwerda



Cipasera.com- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih Swasti Saba Wiwerda tahun 2017, naik dua tatanan dibandingkan tahun sebelumnya meraih Swasti Saba Padapa, Selasa, 28/11/2017.

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda ini meliputi tiga sampai empat tatanan yang dinilai oleh Kementrian Kesehatan berkerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan kali ini ditunjukkan bagi Kota Tangsel dengan menyiapkan empat tatanan yang menjadi objek penilaian,yakni tatanan Perkantoran Sehat, Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Tatanan Kawasan Permukiman, Sarana Sehat dan Tatanan Kehidupan Masyarakat yang Sehat Mandiri. Dengan penilaian sebagai berikut Bank sampah, Kelurahan Benda Baru dengan penilaian satu rumah satu Jumantik, posbindu,gang cantik,Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengungkapkan, bangga dengan penghargaan yang diterima ini. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi peningkatan kinerja aparatur Pemkot Tangsel dan masyarakat Kota Tangsel untuk selalu menjaga lingkungan agar lebih baik lagi.

Hal itu menurutnya, menjadi tantangan bagi pembangunan Kota Tangsel terutama bidang kesehatan.

Penghargaan yang diterima ini, tegas Airin menunjukan Kota Tangsel, kota yang sehat untuk dihuni."Kota yang aman, nyaman dan sehat artinya kota kita sangat layak untuk dihuni,” tegasnya.

Tangsel merupakan salah satu Kota/Kabupaten di Indonesia yang mengikuti verifikasi Kota/Kabupaten bersama dengan 173 lainnya yang ada di Indonesia.

"Penghargaan kota sehat ini bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih,nyaman,aman dan sehat yang dilakukan dari berbagai elemen masyarakat,"ungkapnya.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suhara Manullang, mengungkapkan, penilaian yang berkompeten dua tahun sekali ini, kota Tangsel menunjukan peningkatan yang sangat segnifikan sejak mendapat penghargaan Swasti Saba Padapa ( dua tatanan) dan sekarang meraih Swasti Saba Wiwerda.

"Kota Tangsel menambah tatanan Kehidupan Sosial Sehat, sehingga menjadi empat tatanan dan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Kota Sehat dengan 3-4 tatanan). Karena itu, tahun mendatang Tangsel harus mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara (5 tatanan ke atas), atau setidaknya mempertahankannya,"ungkapnya. (adv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel