Akibat Gempa Banten 1200 Lebih Rusak


Rumah yang rusak parah diguncang gempa (foto : Ist)

Cipasera - Akibat  gempa yang melanda  Lebak, Banten  Selasa (23/1/2018)  tercatat sebanyak 1.269 rumah mengalami kerusakan akibat gempa dengan kekuatan 6,4 SR itu. Yang masuk kategori rusak berat  146 rumah  dan rusak ringan 1.123 unit.
 
 Menurut Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Madias di Lebak, kerusakan rumah  tersebar di 17 kecamatan antara lain  Cilograng 149, cimarga 5 unit,  Wanasalam 63 unit, Bayah 142 unit, Panggarangan 92 unit,  Lebak Gedong 66 unit,  dan Sajira 1 unit.

Begitu juga di Kecamatan Cirenten 17 unit, Cihara 5 unit, Bojongmanik 15 unit, Cijaku 23 unit, Cigemblong 9 unit, Malingping 549 unit, Cileles 1 unit, dan Muncang 10 unit.

Tak hanya rumah warga, puluhan bangunan   sekolah SD, SMP dan MA juga tempat ibadah juga mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, gempa yang berpusat di Banten 6, 4 SR  itu juga menimbulkan kerusakan hingga Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan data PMI Kabupaten Bogor, Rabu (24/1/2018), sebanyak enam kecamatan yang terdampak gempak yakni Megamendung, Caringin, Cijeruk, Cigudeg, Sukajaya, dan Tanggung.

Rincian data sementara, kerusakan yang terjadi masing-masing kecamatan adalah di Kecamatan Megamendung tercatat 50 tumah rusak berat di Desa Kuta, tujuh rumah rusak ringan sehingga total ada 57 kepala keluarga yang terdampak getaran gempa.

Di Kecamatan Caringin tercatat ada dua desa yang terdampak yakni Desa Srogol satu rumah rusak berat, dan Desa Pasirmuncang ada empat rumah rusak berat. Secara total ada lima kepala keluarga yang terdampak.

Selanjutnya 10 rumah rusak ringan di Desa Lebakwangi, Kecamatan Cigudeg. Satu rumah rusak berat di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk. Dua rumah rusak berat di Desa Sukajaya Kecamatan Sukajaya.m Kerusakan cukup banyak terjadi di Kecamatan Nanggung, ada tujuh desa yang terdampak dengan jumlah KK cukup banyak di Desa Malasari sebanyak 132 kk, Desa Bantar Karet 50 KK, Desa Parakan Muncang 3 KK, Desa Catur Bitung 63 KK, satu KK di Desa Sukalaya dan Desa Pangkaljaya. (Red/tt/Ant)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel