Airin Didampingi Kepala Bappeda dan Kadiskominfo Saat Musrembang OPD 2020

Airin diapit Eki dan Fuad di Musrembang 2020

Pemkot Tangerang Selatan melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) menggelar Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  Hadir dalam acara tersebut Walikota Tangsel Airin Rachmi Dhiany  yang didampingi Kepala Bappeda Eki Herdiana dan Kadiskominfo Fuad  di Bukit Paralayangan (Bupe), Cilenggang, Serpong, Rabu, (11/3/2020). 

Dalam sambutannya, Airin Rachmi Diany, antara lain mengatakan, Diskominfo Tangsel untuk terus menghadirkan program-program inovatif, yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. 

Tak hanya itu,  Airin juga meminta Diskominfo untuk mengevaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016 hingga 2021.

“Informasi yang saya dapat dari Bapeda, sekitar 90 persen RPJMD sudah diselesaikan. Coba dilihat  yang sudah 90 persen ini. Jangan-jangan sudah selesai 100 persen. Kalau demikian, maka itu yang harus didahulukan dan wajib menjadi F1 dinas,” kata Airin dengan gamlang.
Eki Herdiana
Walikota dua periode ini juga menguraikan,  jika RPJMD telah selesai dilakukan dan pagu anggaran masih ada, ia meminta Diskominfo untuk menghadirkan program inovasi dengan semangat berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti, program kegiatan itu tepat sasaran tidak hanya output saja tapi juga out come-nya.
“Kita berharap hal tersebut  bisa dilakukan (program berkelanjutan). Kalau pun anggarannya tidak ada, bisa masuk ke dalam usulan F2 dan F3, siapa tahu  Bappeda, Bapenda dan yang lainnya punya anggaran. Tentu hal ini bisa kita bahas bersama-sama di Musrenbang tingkat kota,” papar Airin sambil tersenyum.
Walikota alumni Unpad ini  mengharap, Diskominfo lebih komunikatif dan informatif. Sementara dalam pengelolaan anggaran, dia menekankan pentingnya transparansi. Sebab  yang dikelola merupakan Anggaran Pendapatan  Belanja Daerah (APBD).
“Pesan saya, selain komunikatif,  transparansi juga penting dalam mengelola APBD, yang merupakan anggaran yang berasal dari masyarakat. Jadi, tentu kewajiban dari kita untuk menyampaikan. Apa yang sudah dan sedang dan  akan dilakukan,” ujar Airin.
Sementara Kepala Dinas Kominfo Tangsel Fuad menuturkan, Diskominfo merupakan dinas yang terus berkembang dan sangat dinamis. Oleh sebab itu, pihaknya mengundang stakeholder terkait agar tidak henti-hentinya memberikan masukan. Dan Diskominfo sangat welcome menerima setiap masukan dari pihak luar untuk perbaikan-perbaikan kinerja ke depan. 
“Saya sampaikan kepada panitia (forum OPD), usahakan kita mengundang stakeholder yang terkait dengan kita. Karena apa? Karena dari stakeholders itu lah kami mendapatkan banyak masukan-masukan bermanfaat," ucapnya.
Fuad
Fuad menegaskan pula, dirinya memang ingin Diskominfo menjadi organisasi yang terbuka menerima masukan, dan hal itu sudah disampaikan kepada seluruh staff Kominfo. 
Kepala Beppeda Eki Herdiana saat dimintai komentarnya usai acara mengatakan, semua on progres. Bila ada yang kurang tiap OPD saling memberi masukan. Sebab tujuannya mengesamping ego sektoral tapi mendahulukan kebersamaan. (Adv)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel