Dewan Kesenian Tangsel Punya Ketua Umum Baru. Begini Mekanisme Pemilihannya.

 
Andi Suandi (kiri) di acara pameran (Foto:TW)
Cipasera - Pelukis  Andi Suandi, terpilih menjadi Ketua Umum Dewan Kesenian Tangerang (DKTS) 2020 -2025 dalam Musyawarah Besar (mubes)  yang diselenggarakan secara virtual dengan zoom,  Sabtu 15/8/2020, dan diikuti sekitar 45  seniman,  penggiat seni, budayawan serta Tujuh Orang Formatur.

Terpilihnya Andi Suandi diumumkan oleh Ketua Tim Formatur Teguh Wijaya,  setelah selesai sidang pemilihan Tim Formatur.

"Setelah Tim Formatur melakukan konfirmasi dan verifikasi kepada tiga Calon Ketua Umum, yakni Dr Kusen, Andi Suandi dan Sherly Fatmarita, lalu Tim Formatur mengadakan rapat pemilihan. Setelah melalui proses cukup alot  dengan berbagai pertimbangan,  Andi Suandi  disepakati sebagai Ketua Umum,"kata Teguh Wijaya dalam pengumumannya. "Dalam rapat pemilihan, memang sempat alot. Tapi akhirnya setelah  musyawarah,  sepakat memilih Andi Suandi sebagai Ketua Umum."

Selain mengumumkan terpilihnya Andi Suandi, Teguh Wijaya  juga menyampaikan kepada  peserta mubes, bahwa Ketua Umum terpilih diberi mandat selama  72 jam untuk menyusun kepengurusan DKTS 2020 - 2025, dengan mempertimbangkan masukan dari Tim Formatur dan pihak terkait. Dan sesudah terbentuk,  susunan kepengurusan untuk disampaikan ke Pemkot Kota Tangerang Selatan dan berbagai lembaga.

Dalam menyusun kepengurusan, Teguh  berharap, postur kepengurusan DKTS 2020 -2025 dibentuk berdasarkan kebutuhan organisasi bukan akomodasi. Dengan model semacam itu, postur diharapkan kepengurusan tidak "gemuk" melainkan "ramping"  agar lincah bergerak mengingat banyak yang perlu ditata.

Dalam proses pemilihan, sesuai mekanisme yang mengacu pada AD/ART DKTS dan tatib(tata tertib)  mubes, pemilihan Ketua Umum dilakukan dengan sistem keterwakilan.Adapun tujuh orang Tim Formatur adalah Teguh Wijaya, Rita Juwita (perwakilan Dewan Pembina), Uki B.Sejati, Humam S.Chudori (Seniman), Dr Kusen, TB Sos Rendra (Budayawan) dan Mashadi (Panitia).

Dalam sambutannya usai terpilih, Andi mengatakan, akan bekerja sungguh- sungguh untuk mengembangkan kesenian di Tangsel dan membenahi relasi dengan pemerintah dan lembaga lain.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Tangsel Taryono yang hadir dalam mubes, menyambut baik diselenggarakannya  Mubes DKTS. Dan  berharap  kepengurusan DKTS yang baru mampu memberi ruang dan wadah  bagi para seniman dan budayawan di Tangsel untuk terus meningkatkan kreativitasnya.

Selain itu, Taryono juga mengatakan,  kedepan para pengurus DKTS tetap bisa bergandengan tangan dan berkolabrasi dengan Pemkot Tangsel.

“Mudah-mudahan,  yang kita lakukan hari ini bisa membuahkan hasil, DKTS mampu membawa  kemajuan di bidang seni dan budaya di Tangsel,” kata Taryono.(nn)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel