Benyamin Davnie Berharap HPSN Berpengaruh Ke Masyarakat


                    Peringatan Hari Sampah

 Cipasera - Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menghadiri seremoni Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 di Serpong, Sabtu (27/2). 

Kegiatan yang mengundang  pejabat Kabupaten Tangerang ini diharapkan punya pengaruh di masyarakat.  

”Kami (Pemkot Tangsel) dan masyarakat Tangsel menyambut baik penyelenggaraan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021. Semoga kegiatan ini mampu memberikan dampak positif dalam rangka meningkatkan kepedulian kita terhadap dinamika persampahan di negara ini,” katanya.

Ia menambahkan momentum peringatan HPSN diambil dari kejadian longsornya sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat tanggal 21 Februari 2005 silam yang berakibat perkampungan tertimbun sampah dan menewaskan 157 warga.

Setahun kemudian, insiden tersebut diperingati Sebagai HPSN. Tahun ini, Pemkot Tangsel ingin  mengajak untuk mewujudkan sampah sebagai bahan baku ekonomi di masa pandemi. ”Kami sudah mengajak masyarakat dengan mengadopsi ekonomi circular yaitu memanfaatkan nilai ekonomi sampah secara maksimal dengan penerapan kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle),” ujarnya.

Kepala Divisi Corporate Affairs Sinarmas Land, Dony Martadinata menyatakan persoalan sampah menjadi salah satu tantangan bagi kota-kota besar di dunia, termasuk Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Selama pandemi Covid-19. Permasalahan sampah bertambah tercermin dari meningkatnya timbunan sampah rumah tangga.

 ”Solusi dari permasalahan tersebut adalah  melakukan pemilahan sampah mulai dari sumbernya seperti dari rumah dan memastikan pengolahan sampah setelah diambil dari rumah kita, diharapkan dapat dilakukan secara bertanggungjawab,” ucapnya

Untuk itu, ia bekerjasama dengan ahli teknologi lingkungan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Serpong, tanggal 23-24 Februari. Kegiatan tersebut telah melatih warga masyarakat dalam melakukan pengolahan sampah dan limbah rumah tangga dengan metode komposter dan biopori. (Ris)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel