Kampung Nelayan di Pandeglang Akan Jadi Kampung Inggris

                    Kampung Laut di Panimbang

Cipasera - Kampung Nelayan di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten  akan  menjadi Kampung Inggris. Rencana tersebut  diungkap Ketua PUB Kabupaten Pandeglang, Ki Wawan Ridwan  saat diskusi  yang dihadiri Wakil Ketua Umum PUB bidang pertanian adalah Ki Anton Apriono mantan Menteri Pertanian, Rabu, 3/3/2021.

Ki Wawan menjelaskan, yang dimaksud Kampung Nelayan yaitu  anak-anak pintar berbahasa inggris lisan maupun tulisan untuk menghadapi tantangan kemajuan ke depan karena akan banyak turis asing maduk ke wilayah Pandeglang. 

Selanjutnya  Wawan mengatakan,  Kampung Nelayan ini mulai berdiri sekitar tahun 1970 di atas lahan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Banten.

“Kampung ini dinamakan Kampung Inggris karena mereka ingin, anak-anak  bisa  berbahasa Inggris dimana saat ini sedang belajar bahasa Inggris secara rutin. Di pantai kampung ini juga sudah ditanami tanaman mangrove,” ujarnya.

Namun, katanya, masyarakat kampung ini mendengar kabar bahwa kampung ini akan direlokasi dan hal ini menimbulkan keresahan di masyarakat karena mereka merasa sudah betah di kampung ini.

“Dari hasil diskusi dengan masyarakat kampung Inggris ini maka solusi yang ditawarkan kepada pemerintah adalah kampung ini hendaknya dijadikan kampung budaya nelayan yang bisa ditata menjadi obyek wisata, menjadi kampung wisata nelayan,” harapnya.

Hal ini juga didukung oleh penanaman mangrove di sekitar pantai kampung nelayan tersebut.”Dimana mangrove ini nantinya ditata untuk menjadi fasilitas wisata,” ujarnya. (To*)

Hal kedua yang diusulkan masyarakat adalah pembangungan rumpon oleh pemerintah di areal yang tidak jauh dari pantai, sekitar 10 mil dari pantai agar dapat dijangkau oleh perahu nelayan kecil. Hal ini dikarenakan nelayan kecil kesulitan mendapatkan ikan terutama di muslim paceklik seperti saat ini.

“Rumpon yang ada sekarang adalah milik swasta dan itupun berada jauh ditengah laut, sekitar 80 mil dari pantai, jelas tidak terjangkau oleh kapal nelayan kecil,” pungkasnya. (

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel